oleh

28 ABK dan 1 Penumpang Kapal Pencari Ikan dari Sibolga Hilang di Perairan Aceh

SMARTNEWSTAPANULI.COM, SIBOLGA – Kapal pencari ikan berkapasitas GT 34 dan bernomor lambung 359 PPJ milik UD Sinar Mas asal kota Sibolga, Sumatera Utara dinyatakan hilang di perairan laut Aceh.

Kepada wartawan, Humas UD Sinar Mas, Aswin Nasution membenarkan kabar tersebut. Kata Aswin, kapal tersebut telah dinyatakan hilang kontak sejak tanggal 3 Januari 2018 sekitar pukul 03.00 WIB dini hari.

“Kapal tersebut berangkat dari TPI (Tempat Pelelangan Ikan-red) tanggal 27 Desember 2017 menuju lautan, dan tanggal 3 Januari 2018 baru kehilangan kontak lah kami, sampai sekarang gak ada hubungan, putus total, awaknya 28 orang dan 1 orang menumpang dari laut,” kata Aswin di komplek UD Sinar Mas, Jumat (12/1/2018).

Aswin menjelaskan, kabar kehilangan kapal tersebut telah dilaporkan ke pihak terkait.

“Belum ada kabar, kita sudah hubungi Simu, Mentawai, Bengkulu dan dari Dumai sampai sekarang kita menunggu berita yang bagus,” terangnya.

Dia menambahkan, telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait, termasuk ke Mabes Polri, dengan harapan ada upaya cepat yang dilakukan dalam melakukan pencarian.

“Sudah dilapor ke AL, Basarnas, AIRUD, Mabes Polri, dan kabar masih tetap di 94 bujur barat, 1 derajat lintang selatan, daerah Simu, masuk Aceh,” jelasnya.

Masih kata Aswin, pihaknya sampai saat ini juga terus berusaha melakukan pencarian. Diantaranya dengan mengirimkan kapal-kapal lain menuju titik kordinat kontak terakhir.

“Ada 20 pongpong yang berangkat, dan 2 kapal Tongkol kita, ikut juga abang kandungnya Rezali (tekong kapal),” ujarnya.

Ia juga menegaskan pihaknya akan bertanggungjawab penuh terhadap upaya pencarian terhadap kapal dan para ABK.

“Upaya pencarian adalah tanggung jawab kita penuh. Dan pencarian sudah dilakukan sejak tanggal 6 Januari kemarin,” pungkasnya.

(Ren Morank)

Komentar