Smartnewstapanuli.com




Pelajar di Palas Bertaruh Nyawa ke Sekolah

  • Senin, 13 Maret 2017 | 16:44
  • / 14 Jumadil Akhir 1438
  • Reporter:
  • 2752 Kali Dibaca
Pelajar di Palas Bertaruh Nyawa ke Sekolah
Foto: Warga menyeberangkan anaknya bersekolah melewati sungai

SMARTNEWSTAPANULI.COM, PADANG LAWAS- Sejumlah pelajar asal Desa Sabahotang, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara, harus bertaruh nyawa untuk bisa sampai ke sekolahnya. Karena jembatan Sungai Barumun putus, mereka terpaksa menyeberangi sungai berarus cukup deras itu.

Kondisi itu sudah setahun belakangan berlangsung, sebab jembatan yang hancur diterjang banjir itu tak kunjung diperbaiki. Warga berharap pemerintah segera melakukan pembangunan jembatan yang merupakan akses satu-satunya penghubung ke desa itu.

“Sudah setahun seperti ini. Kami terpaksa ikut mengantarkan anak-anak menyeberangi sungai ini. Bukan hanya anak-anak sekolah, kami warga di desa ini juga terpaksa menyeberangi sungai ini untuk aktifitas sehari-hari,” ujar Muhammad Mulia Harahap, salah satu orangtua pelajar, Senin (13/3/2017) pagi.

Mirisnya, bagi pelajar yang tidak ditemani orangtua atau kerabatnya tak jarang harus urung ke sekolah karena tidak bisa dan tidak berani menyeberangi sungai. Apalagi bila debit airnya sedang meningkat. Bagi yang nekad, tak jarang pula pakaian, sepatu dan tas mereka menjadi basah akibat terjatuh maupun terendam air sungai.

“Sebenarnya kami takut juga menyeberang kalau tidak ada yang memegangi. Apalagi kalau yang tidak bisa berenang. Kadang baju dan sepatu kami jadi basah,” kata Ahmad Sukri Nasution, pelajar SMP. (SNT)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ¬©2017 SMARTNEWSTAPANULI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional