Smartnewstapanuli.com




Pokdarwis Tapanuli Tengah diharapkan berperan aktif

  • Kamis, 10 Agustus 2017 | 22:40
  • / 17 Djulqa'dah 1438
  • Reporter:
  • 3084 Kali Dibaca
Pokdarwis Tapanuli Tengah diharapkan berperan aktif
Pokdarwis bersama Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

TAPTENG – Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani berharap Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) mampu berperan aktif melakukan tugasnya dalam meningkatkan kesadaran wisata kepada masyarakat, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan asli daerah (PAD).

Harapan itu disampaikan bupati pada pembinaan dan pengembangan pokdarwis daerah setempat, di Ballroom PIA Hotel Pandan, Kamis (10/8/2017).

“Pariwisata merupakan sektor yang sangat strategis. Sebab setiap wisatawan akan meninggalkan atau membelanjakan uangnya selama berada di daerah wisata. Tentunya uang yang dibelanjakan itu memiliki multi efek kepada pendapatan masyarakat dan PAD,” jelas bupati.

Karena itu, bupati meminta Pokdarwis Tapteng berperan aktif dalam mensosialisasikan kesadaran wisata kepada pelaku dan masyarakat di setiap kawasan objek wisata yang ada di daerah itu.

“Pemerintah sedang giat-giatnya mendukung dan membangun kepariwisataan di Tapteng. Untuk menciptakan sapta pesona, satpol PP dan Forkopimda telah membongkar warung “kitik-kitik”. Untuk itu diminta kepada masyarakat khususnya, pordakwis, agar berperan aktif mensosialisasikan sadar wisata kepada masyarakat di lokasi objek wisata di daerah masing-masing,” ucapnya.

Lanjut bupati, untuk menghadirkan rasa nyaman kepada wisatawan, setiap pedagang hendaknya menjual dagangannya dengan harga yang standar.

“Jangan membuat tarif harga yang melambung tinggi, sehingga membuat wisatawan jera datang. Selain itu para pedagang harus bersikap ramah, sopan dan santun kepada para wisatawan,” terangnya.

Menurutnya, Dinas Pariwisata Tapteng agar mengoptimalkan kinerja pokdarwis, sehingga percepatan pembangunan pariwisata dapat terlaksana dengan baik dan cepat.

“Tujuan utama dari apa yang kita lakukan membangun kepariwisataan di Tapteng adalah untuk meningkatkatkan PAD yang muaranya adalah kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Pokdarwis merupakan kelembagaan di tingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan. Berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan. Kemudian untuk terwujudnya “Sapta Pesona” dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan memanfaatkannya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

Menurut pedoman Pokdarwis Kementerian Pariwisata RI, pokdarwis dalam aktivitas sosialnya berupaya untuk:

1. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kepariwisataan.

2. Meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan.

3. Meningkatkan nilai manfaat kepariwisataan bagi masyarakat/anggota pokdarwis.

4. Mensukseskan pembangunan kepariwisataan.

(Firmansyah)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 SMARTNEWSTAPANULI

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional