Peringatan HUT Satpam Ke 37 Digelar di Mapolres Tapteng

  • Whatsapp
Kapolres Tapteng AKBP Hari Setyo Budi Menyalami Personil Satpam. Foto: istimewa.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, TAPTENG – Polres Tapanuli Tengah menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke- 37, bertempat dilapangan Mapolres Tapteng, Rabu (3/1/2018), dengan tema “Melalui peningkatan kompetensi kita wujudkan profesionalisme Satpam dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban dilingkungan kerja”.

Pada kesempatan itu, Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Hari Setyo Budi SIK MSi, dihadapan puluhan anggota Satpam Kabupaten Tapanuli Tengah yang tersebar di sejumlah perusahaan swasta dan sekolah SMA, saat membacakan sambutan Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan bahw Satpam harus mampu meningkatkan kemampuan dan professional dalam menjaga keamanan di lingkungan kerja.

Bacaan Lainnya

“Satpam diminta supaya lebih meningkatkan kemampuan organisasi lebih swakarsa dan profesional terutama dalam menanggulangi ancaman dan gangguan keamanan terhadap proses bisnisnya serta mematuhi regulasi keamanan yang berlaku,” ujar Kapolres Tapteng saat membacakan amanat Kapolri.

Kapolri mengatakan, Satpam memiliki posisi strategis, sebagai yang terdepan dalam rangka upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di NKRI. Oleh karenanya, penyiapan kemampuan profesional anggota Satpam hendaknya mendapatkan atensi dan prioritas oleh seluruh pemangku kepentingan bersama Polri.

“Yang terpenting sekali melaksanakan membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas, dengan fungsi kepolisian secara terbatas yang dimilikinya, anggota Satuan Pengamanan (Satpam) harus mampu mendeteksi potensi gangguan keamanan, melakukan upaya pencegahan, menyampaikan informasi secara cepat dan akurat kepada petugas Kepolisian, serta melakukan tindakan pertama ditempat kejadian perkara,” jelas Kapolri.

Ditambahkan, bahwa kehadiran Satpam diharapkan mampu memberikan kontribusi optimal dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban dilingkungan kerja masing-masing.

“Kehadiran Stapam diharapkan dapat benar-benar memberikan kontribusi optimal dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban dilingkungan kerjanya masing-masing. Terlebih tantangan gangguan kamtibmas ke depan akan semakin kompleks, seperti berbagai permasalahan terkait perburuhan, berbagai bentuk kejahatan di bidang perindustrian, serta berbagai bentuk kejahatan yang tidak hanya memerlukan keamanan fisik, namun juga memerlukan keamanan logikal, seperti kejahatan yang menyalahgunakan kemajuan ilmu pengetahuan dibidang teknologi informasi,” pungkasnya. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *