oleh

Yuk Berwisata di Pulau Putri

Tapteng – Anda lagi mencari tempat untuk berwisata di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng)? Nah, objek wisata yang satu ini pasti cocok untuk dikunjungi.

Namanya Pulau Putri. Sesuai namanya, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mencoba menjajal wisata ini.

Pulau ini berada di Kecamatan Tapian Nauli di kawasan Pulau Mursala. Dapat ditempuh dengan menaiki speadboat dengan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kecamatan Pandan.

Dilokasi ini Anda dimanjakan dengan menikmati keindahan pasir putihnya dan biru lautnya.

Bagi pecinta snorkling dapat membawa peralatannya untuk melihat keindahan bawah laut pulau putri, menyelam, melihat ikan-ikannya yang ‘lucu’ ditambah indahnya terumbu karang bawah laut.

Pepohonan rimbun dan pohon kelapa yang bisa dinikmati langsung pun menjadi daya pikat untuk lama bersantai dan berjemur di pinggir pantainya.

Kisah singkat awal mula Pulau Putri

Ada kisah misteri dibalik terjadinya Pulau Putri. Menurut warga sekitar, pulau Putri terjadi akibat tenggelamnya Putri Runduk di laut saat pelarian dari raja Janggi, seorang raja dari benua Eropa yang memaksanya untuk menikah dan menyerang negeri Putri Runduk karena menolak.

Jadi, kisahnya ada putri cantik jelita, yang menjadi penghuni pertama kepulauan Mursala. Kecantikannya begitu sohor hingga sampai ke Benua Eropa.

Rupanya, raja Janggi dari benua Eropa pun ingin mempersuntingnya. Tapi putri Runduk sudah memiliki kekasih, yaitu Datuk Atam yang berada dari kota jauh pula.

Raja Janggi dari Benua Eropa tersebut pun menyerang kerajaan putri Runduk karena menolak cintanya, bahkan putri runduk menguranginya dengan memberi syarat jika ingin menikahinya harus menarik negerinya ke daratan sorkam sebelum ayam berkokok menjelang fajar, yang kemudian dicurangi dengan putri dengan membangunkan ayam untuk berkokok sebelum fajar menjelang saat raja Janggi hampir berhasil.

Saat pelarian dari serangan raja Janggi, putri Runduk membawa perlengkapan istana seperti talam dan sendok yang kemudian terjatuh di tengah laut dan membentuk pulau seperti bentuk talam dan sendok.

Kemudian, lelah dari pelarian akhirnya putri menceburkan diri ke laut, yang kemudian pulau Putri dikenal sebagai jelmaan putri, yang kecantikannya terpancar dari keindahan pulau tersebut.

Masyarakat sekitar pun menyebut pulau tersebut dengan pulau Putri. Tapi ada beberapa persi lainnya, yang beragam mengenai kisah putri Runduk ini.

Kisah tentang ‘Putri Runduk’ sangat dikenal oleh masyarakat di sepanjang pesisir barat Sumatera Utara, mulai dari Barus sampai ke Mandailing Natal, meski dengan persi masing-masing.

Kisah Putri Runduk yang merupakan legenda dikenang dengan membuat nama jalan yang ada di Kota Sibolga yaitu Jalan Putri Runduk, Jalan Janggi dan Jalan Datuk Itam yang posisinya saling berdekatan.

Sekadar diketahui, kabupaten Tapanuli Tengah, salah satu destinasi wisata di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).
Daerah yang dijuluki “Negeri Wisata Sejuta Pesona” menyimpan potensi keindahan alam yang luar biasa diantaranya, Wisata Religi, Wisata Alam, Gunung, Pantai dan Laut (GUPALA).

Keunggulan Tapteng disektor wisata di dukung oleh terbukanya akses transportasi jalur darat maupun udara dengan adanya penerbangan Garuda Air Lines dengan Rute Penerbangan Bandara Pinang Sori-Medan-Jakarta, Penerbangan Lion Air dan Susi Air, sehingga memudahkan wisatawan lokal maupun turis mancanegara berkunjung ke daerah ini.

 

Isi artikel: dikutip dari berbagai sumber

Komentar