Bawaslu Sebut Dugaan Pelanggaran Pemilu 2019 di Tapanuli Tengah Hampir di Semua Kecamatan

  • Whatsapp
Ketua Bawaslu Tapteng, Setiawati Simanjuntak. (Foto: SmartNews)

SmartNews – Sejumlah video berisi rekaman dugaan kecurangan Pemilu 2019, di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yang beredar luas dan viral di media sosial (medsos) Facebook sehari pasca pencoblosan di investigasi oleh Bawaslu.

“Kami sedang mendalami kejadian-kejadian video yang viral itu. Sedang melakukan investigasi dan mengkajinya,” kata Ketua Bawaslu Tapteng, Setiawati Simanjuntak kepada wartawan di kantornya, Sabtu siang (20/4/2019).

Setiawati mengatakan, pihaknya juga melakukan pleno untuk menangani dugaan pelanggaran seperti dalam video yang beredar itu.

“Kami akan melakukan pleno untuk menangani dugaan pelanggaran ini. Apakah memang berdasarkan bukti-bukti dan juga hasil investigasi kami nanti, kami akan membahas di pleno,” jelas Setiawati.

Setiawati mengaku, pihaknya banyak menemukan dugaan pelanggaran Pemilu di Tapteng.

“Kita banyak menemukan dugaan pelanggaran. Itu banyak pak, hampir di semua kecamatan. Ada di Manduamas, Barus Utara, Sorkam Barat, Barus, Sorkam, Sarudik, Pinangsori, Pandan, dan di Kecamatan Tukka,” bebernya.

“Kita nanti berdasarkan laporan-laporan yang sudah kita terima, bahwa per masing-masing TPS yang diduga terjadi kecurangan akan kita kaji. Sedang kita kaji pak, dugaan apa yang ada di situ, apakah nanti ada pelanggaran pidana, atau pidana pemilu atau pidana murni,” sambungnya. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *