Melihat Budidaya Ikan Gurapu di Tapanuli Tengah

  • Whatsapp
Babinsa Koramil 03/Pandan, Serda RH Siagian memberikan pendampingan budidaya ikan kerambah di wilayah binaannya, di Kelurahan Muara Nibung, Kecamatan Pandan. (Foto: Istimewa)

SmartNews, Pandan – Babinsa Koramil 03/Pandan, Serda RH Siagian memberikan pendampingan budidaya ikan kerambah di wilayah binaannya, di Kelurahan Muara Nibung, Kecamatan Pandan.

Diketahui, wilayah Koramil 03/Pandan-Kodim 0211/TT memang memiliki peluang untuk pelaksanaan kegiatan dalam pembudidayaan ikan.

Bacaan Lainnya

Budidaya ikan dengan kerambah masih jarang digunakan masyarakat, mengingat lokasinya yang belum memadai.
Babinsa Koramil 03/Pandan memberanikan diri untuk memulai usaha tersebut bekerjasama dengan pemodal.

“Ikan yang dibudidayakan pada saat ini adalah ikan gurapu dan ikan cabe-cabe. Luas lahan yang akan disiapkan untuk satu kerambah 10 x 10 m, mampu menampung sekitar 250 ekor ikan perkerambah,” kata Serda RH Siagian, Selasa (16/7/2019).

Menurutnya, target waktu yang diperlukan untuk sekali panen selama 3 bulan.

“Untuk pencapaian target yang ditetapkan maka harus betul-betul memperhatikan perawatan dan pemberian pakan yang seimbang. Pakan yang diberikan tidak selalu pakan pabrikan, namun melihat situasi masa perkembangannya,” ungkap Serda Siagian.

Untuk pakan ikan gurapu di manfaatkan ikan kecil dicampur dengan pakan pabrikan.

“Pemberian pakan harus sesuai dengan kebutuhan agar jangan menimbulkan limbah yang banyak,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam hal pemasaran hasil panen yang diperoleh cukup mudah, mengingat permintaan pasar cukup tinggi. Ikan gurapu sangat diminati oleh pemburu kuliner.

“Kerambah ikan ini sebagai contoh untuk merangsang minat masyarakat agar menciptakan kerambah masing-masing guna menciptakan lapangan pekerjaan demi meningkatkan ekonomi keluarga,” pungkasnya.

Terpisah, Kapenrem 023/KS, Mayor Arm Ojak Simarmata mengatakan, Babinsa selalu aktif dalam hal menciptakan lapangan pekerjaan di wilayah binaan masing-masing. (penrem023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *