CPNS Wajib Latsar Sebelum Jadi PNS, Begini Penjelasannya

  • Whatsapp
Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III Tahun 2019 mengikuti Latihan Dasar (Latsar) di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Tapanuli Tengah (Tapteng) Pinangsori, Senin (21/10/2019).

SmartNews, Pinangsori – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III Tahun 2019 mengikuti Latihan Dasar (Latsar) di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Tapanuli Tengah (Tapteng) Pinangsori, Senin (21/10/2019).

Mewakili Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, Asisten Umum dan Administrasi Sekretariat Daerah Tapteng, Herman Suwito, membuka secara resmi kegiatan Latsar ini.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan Bupati Tapteng, dijelaskan bahwa pendidikan dan latihan (Diklat) prajabatan yang selanjutnya disebut pelatihan dasar CPNS merupakan syarat wajib bagi pengangkatan seorang CPNS menjadi PNS, sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2007 tentang manajemen PNS dan peraturan LAN RI Nomor 12 Tahun 2018.

“Untuk itu, sangat penting bagi seluruh CPNS, memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Melalui kegiatan ini, tentunya kita harapkan terbentuk PNS yang profesional, yang karakternya dibentuk oleh nilai-nilai dasar profesi PNS sehingga mampu menjalankan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat,” ujarnya.

Bupati juga menekankan pentingnya kompetensi bagi seorang PNS, sehingga diharapkan mampu mewujudkan akuntabilitas, mampu mengedepankan kepentingan nasional, menjunjung tinggi standar etika publik, berinovasi untuk peningkatan mutu pelaksanaan tugas jabatannya, dan mampu untuk tidak korupsi.

“Saya harap Saudara-saudara dapat mengikuti pelatihan dasar ini dengan penuh tanggung jawab dan disiplin, memiliki dedikasi, dan loyalitas. Kepada para panitia penyelenggara dan Widyaiswara/tenaga pengajar, saya ucapkan selamat bekerja. Semoga pengabdian yang saudara berikan dapat memberi arti dan manfaat besar bagi peserta khususnya dan bagi bangsa dan negara umumnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Tapteng, Samrul Bahri Hutabarat, dalam laporannya menyebutkan bahwa, pelatihan dasar ini memuat kurikulum pembentukan karakter PNS dan kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas.

CPNS Golongan II dan III yang ikut Latsar CPNS sebanyak 93 orang, terbagi atas Gelombang 14 Angkatan 43 sebanyak 40 orang. Selanjutnya, Gelombang 2 Angkatan 4 sebanyak 27 orang dan Angkatan 5 sebanyak 26 orang.

Waktu pelaksanaan Latsar 3 bulan, yaitu sejak 20 Oktober sampai dengan 20 Desember 2019.

Di penghujung acara pembukaan Latsar CPNS itu, Asisten Administrasi dan Umum memberikan secara simbolis bagde peserta Latsar kepada perwakilan CPNS.

Turut hadir pada acara itu, Kepala BPSDM Tapteng Samrul Bahri Hutabarat, S.Ag, MA dan jajarannya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tapteng Yetty Sembiring, SSTP, MM, para Widyaiswara/Tenaga Pengajar dari BPSDM Provinsi Sumatera Utara dan Tapteng, serta para CPNS peserta Latsar. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *