Perda Kepariwisataan Tapteng Sedang Digodok

  • Whatsapp
Foto: Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Tapteng Rahmad Saleh Jambak, SSTP, M.Si. Saat Menyampaikan Paparannya. (dok-istimewa)

SmartNews, Pandan – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Dinas Pariwisata melaksanakan pembuatan dan penyusunan draf konsep peraturan daerah (Perda) Kepariwisataan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Tuktuk Room Hotel PIA Pandan, Rabu (23/10/2019), dibuka resmi Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Tapteng Rahmad Saleh Jambak, SSTP, M.Si.

Bacaan Lainnya

Hadir narasumber di acara ini, Kabid Sejarah dan Kepurbakalaan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Drs. Unggul Sitanggang, Miduk Purba, PhD dari Akademi Pariwisata ULCLA, dan dari Politeknik Pariwisata Medan Theresia, SH, M.Hum.

“Hari ini kita berdiskusi untuk membuat dan menyusun Draf Konsep Perda Kepariwisataan Tapteng yang memiliki jargon Negeri Wisata Sejuta Pesona. Kita patut bersyukur Tapteng memiliki beragam potensi objek wisata yang jika dikelola dengan baik akan dapat memberikan manfaat yang besar mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Terkait regulasi bidang Pariwisata, kita telah memiliki rancangan Perda tentang Rencangan Pengembangan Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah yang saat ini telah dievaluasi di Provinsi Sumatera Utara,” kata Rahmad Saleh.

Dia juga menjelaskan bahwa substansi draf konsep perda ini memperhatikan juga dinamika perkembangan kepariwisataan dunia, Indonesia, dan regional, yang mungkin bisa diakomodir di dalam Perda Kepariwisataan, antara lain terkait jasa dan pelayanan.

“Kami harap Bapak Ibu narasumber dapat memberi masukan agar dapat meningkatkan pelayanan pada masyarakat, meningkatkan ekonomi daerah, PAD Tapteng juga dapat tingkatkan. Mudah-mudahan dengan adanya peraturan daerah ini, apa yang kita tujukan dan kita cita-citakan untuk pengembangan Tapteng semakin lebih baik ke depan,” ujar Rahmad.

Kabid Sejarah dan Kepurbakalan Dinas Pariwisata Provsu Drs. Tunggul Sitanggang mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ini.

“Tentunya kegiatan ini untuk mendapatkan satu output dan outcome yang lebih baik ke depan. Bagaimana kepariwisataan di Tapteng menjadi sangat luar biasa. Kami melihat potensi wisata di daerah ini sangat luar biasa. Dengan adanya Perda yang disusun ini kiranya ke depan dapat memberi kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tapteng melalui bidang Pariwisata,” katanya.

Acara ini turut dihadiri jajaran Dinas Pariwisata Tapteng dan OPD Teknis terkait di lingkungan Pemkab Tapteng. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *