Tapteng Gelar Bimtek Pengelolaan Kearsipan

  • Whatsapp
Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tapanuli Tengah Menggelar Bimtek Pengelolaan Kearsipan Tahun 2019.

SmartNews, Pandan – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Kearsipan Tahun 2019 di Gedung Panca Prima Pandan, Selasa (26/11/2019).

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili oleh Asisten Administrasi dan Umum Setda Tapteng Drs. Herman Suwito, MM didamping oleh Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Arsip Tapteng, Sofia Juliasty Hutagalung, SE membuka secara resmi acara ini, dihadiri oleh OPD, Camat, Lurah, dan Kepala Desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng).

Kegiatan Bimtek ini didasari oleh Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

“Kami menghimbau kepada para Pimpinan OPD, Kecamatan, Kelurahan, dan Aparat Desa agar selalu membenahi, merawat, dan memelihara arsipnya dengan mempedomani peraturan kearsipan yang berlaku. Terkhusus kepada Pimpinan OPD agar segera membentuk dan mengelola pusat arsip aktif (central file) pada masing-masing unit pengelola pada level setingkat Eselon III di setiap OPD. Membentuk dan mengelola pusat arsip atau record center pada masing-masing unit kearsipan di Sekretariat OPD,” kata Bupati dalam sambutannya dibacakan Herman Suwito.

“Setelah Bimtek ini dilaksanakan, Tim Pengawas Kearsipan akan menilai proses penyusunan serta pengelolaan arsip ini untuk aktif pada masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Tapteng. Untuk itulah saya harapkan para peserta Bimbingan Teknis ini benar-benar dapat mengikutinya dengan baik sehingga dapat meningkatkan penyelenggaraan kearsipan daerah di Pemkab Tapanuli Tengah, sesuai motto Tertib Arsip Cermin Budaya Daerah,” harap Bupati Tapteng.

Bimtek pengelolaan kearsipan ini diikuti 227orang dari OPD, Kecamatan, Kelurahan, dan Desa di lingkungan Pemkab Tapteng.

Hadir narasumber, Plt. Kepala Bidang Arsip Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Herli Selbi Simanjuntak, SE, M.Si dan Fungsional Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu, Sinondang Masniari. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *