Ini Prediksi Cuaca BMKG saat Gerhana Matahari Cincin

  • Whatsapp
Foto: Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin.

SmartNews, Tapteng – Fenomena gerhana matahari cincin akan tampak di Indonesia, besok, Kamis (26/12/2019).

Gerhana matahari cincin bakal terlihat di 7 provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Bacaan Lainnya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di 7 provinsi tersebut berawan hingga hujan petir saat terjadi gerhana matahari cincin.

Sementara, prediksi cuaca untuk wilayah Aceh akan berawan pada malam hari dan dini hari. Kemudian, cuaca di wilayah Sumatera Utara akan cerah berawan pada pagi hari, kemudian pada siang harinya cenderung berawan, malah sebagian wilayah, seperti Balige, Dolok Sanggul, dan Kabanjahe, akan diguyur hujan, sedangkan pada malam harinya berawan.

Cuaca di Kepulauan Riau cerah berawan pada 26 Desember. Lalu Kalimantan Barat berawan pada pagi hari, siangnya hujan lokal, kemudian pada malam dan dini hari hujan lokal.

Adapun Kalimantan Timur cerah berawan pada pagi hari, setelahnya diperkirakan akan terjadi hujan lokal pada siang hari, malamnya berawan, dan pada dini hari akan berawan disertai kabut.

Terakhir, cuaca di Kalimantan Utara diperkirakan akan hujan lokal di pagi hari, berawan siang hari, malam harinya hujan petir, serta dini hari hujan lokal.

Sebelumnya, di Indonesia, waktu mulai gerhananya paling awal adalah di Sabang, Aceh, yang terjadi pada pukul 10.03 WIB. Adapun kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Merauke, Papua, yaitu pukul 14.37 WIT.

Adapun puncak gerhana paling awal terjadi di Kota Sabang, yakni pukul 11.49 WIB. Adapun kota yang akan mengalami waktu puncak paling akhir adalah Jayapura, yaitu pukul 15.51 WIT. (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *