Pertama Kali, Pemkab Tapteng Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

  • Whatsapp
Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani Memegang Penghargaan. (Foto: Amin Jemayol)
Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani Memegang Penghargaan. (Foto: Amin Jemayol)

SNT – Untuk pertama kalinya di bawah kepemimpinan Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati, Darwin Sitompul, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) berhasil meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) Republik Indonesia (RI). Penyerahan penghargaan APE ini digelar secara daring dari Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Kegiatan ini menghadirkan Menteri PPPA RI Bintang Puspayoga, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI Suharso Manoarta, dan Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, serta diikuti oleh Komisi VIII DPR RI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi dan Kabupaten/Kota, Organisasi Perempuan, Organisasi Kemasyarakatan, dan berbagai Komunitas.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga mengatakan penghargaan APE ini diberikan sebagai bentuk apresiasi bagi kementerian/lembaga dan pemda yang dianggap berhasil mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam program dan kegiatannya.

Penilaian ini dilakukan dengan memantau dan mengevaluasi indikator-indikator yang dapat mengukur pelaksanaan PUG, khususnya aspek kelembagaan dan implementasi dari 7 prasyarat PUG.

Usai meraih penghargaan APE ini, Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama Bappenas.

“Terima kasih atas penyerahan penghargaan APE ini kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Bupati Tapanuli Tengah, atas kinerja, dukungan, dan komitmen dalam Pengarusutamaan Gender (PUG), yang dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan di Kabupaten Tapanuli Tengah,” kata Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Bupati Bakhtiar mengungkapkan bahwa Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) ini adalah untuk yang pertama kali diraih Pemkab Tapteng. Tentunya, keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja sama seluruh stekeholder Pemda dan Masyarakat Tapteng yang membangun Tapteng berorientasi pada pembangunan berkeadilan gender.

“Dan kami berharap ke depan, upaya kita bersama secara lintas sektor untuk terus
berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan keadilan dan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak sebagai salah satu program prioritas kita dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Tapanuli Tengah, khususnya memberhasilkan program pengarusutamaan gender,” kata Bakhtiar Sibarani.

Kegiatan ini diikuti secara daring dari Ruang Rapat Garuda, Kantor Bupati Tapteng oleh Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul didampingi oleh Kepala Dinas PPPA Tapteng Rahmadiah Hanum, Kepala Bappeda Tapteng Anton Sujarwo, Kepala BPKPAD Tapteng Basyri Nasution, Inspektur Inspektorat Tapteng Mulyadi Malau,, Kepala Dinas Kominfo Tapteng Darwin Pasaribu,
Kabid KHPK Dinas PPPA Tapteng Siska Monalisa Hutagalung, dan Kabid PKPM Bappeda Tapteng Hendra Wijaya. (Amin Jemayol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *