Pj Bupati Tapteng Minta Panwaslu Bekerja Profesional

IMG 20221028 144513 scaled
Pj Bupati Tapteng, Yetty Sembiring saat menyampaikan sambutan di acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji 60 Anggota Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Tapanuli Tengah di Ballroom Pia Hotel Pandan.

SNT, Tapteng – Pj Bupati Tapteng Yetty Sembiring hadiri pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan Anggota Panwaslu se Kabupaten Tapanuli Tengah di Ballroom Pia Hotel Pandan, Jumat (28/10/2022).

Kepada 60 Anggota Panwaslu Tapteng yang dilantik, Pj Bupati Yetty Sembiring mengharapkan agar menjalankan tugas dan fungsi dengan baik, sehingga pelaksanaan pengawasan dalam tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Tapanuli Tengah dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Bacaan Lainnya

“Sebagaimana kita ketahui bahwa pada tanggal 14 Februari 2024 yang akan datang akan dilaksanakan Pemilu Serentak memilih anggota DPR, DPD, DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden, dan di tahun yang sama juga, tepatnya di bulan November akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Serentak di seluruh Indonesia,” kata Yetty dalam sambutannya.

IMG 20221028 144324 scaled

Pj Bupati menerangkan, sesuai amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, untuk menjamin tercapainya cita-cita dan tujuan nasional dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 secara langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil, Bawaslu dan Panwaslu Kecamatan harus mengawasi penyelenggaraan Pemilu di wilayah masing-masing dengan baik.

“Untuk mendukung semua tahapan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 agar dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar, diperlukan sinergitas dari semua lembaga penyelenggara pemilu, baik KPU, Bawaslu, dewan kehormatan penyelenggara pemilu sebagai satu kesatuan fungsi penyelenggara pemilu,” jelas pejabat keibuan ini.

Selain itu, lanjutnya, pihak kepolisian sebagai satuan pengaman Pemilu dan pemerintah daerah harus memberikan dukungan serta pendidikan politik terhadap masyarakat.

“Kita harus saling bahu membahu, gotong royong, bersinergi dan konsisten untuk mengawal dan mengawasi proses tahapan Pemilu 2024 yang demokratis, bebas, rahasia, jujur dan adil,” jelasnya.

Untuk itu, orang nomor satu di jajaran Pemkab Tapteng itu minta Anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik agar bekerja dengan baik, teliti, memiliki leadership yang kuat.

“Lakukan tugas saudara secara profesional, sehingga Pemilu dan Pilkada 2024 yang akan datang di Kabupaten Tapanuli Tengah dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar,” pintanya.

Pj Bupati Yetty juga menyampaikan suhu politik akan menghangat jelang kontestasi politik 2024. “Itu biasa, selaku aparat pemerintah mari kita berikan contoh dan edukasi yang baik kepada masyarakat. Jangan membuat isu-isu politik yang tidak baik, terutama isu-isu politik identitas yang mengedepankan sara. Mari lakukan tugas dan kewajiban kita sesuai dengan tupoksi kita masing-masing. Semoga Pemilu 2024 yang akan datang berjalan sukses,” tutupnya.

IMG 20221028 145453 1 scaled

Selanjutnya Ketua Bawaslu Tapteng, Setiawati Simanjuntak mengharapkan seluruh Anggota Panwaslu Kecamatan yang diambil sumpah/janji jabatan, bekerja dengan baik. “Saya percaya bahwa saudara saudari akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Turut hadir menyaksikan acara pelantikan, Ketua KPU Tapteng, Azwar Sitompul, Komisioner Bawaslu Tapteng, mewakili Kapolres Tapteng, Danlanal Sibolga, serta undangan lainnya. (SNT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *