Tim Disperindag Tapteng Sidak Pasar dan Distributor, Kendalikan Inflasi

FB IMG 1675934245643

Foto: Tim Disperindag Tapteng saat sidak pasar dan distributor di Kecamatan Pandan, Selasa (7/2/2023).

Bacaan Lainnya

TAPTENG – Tim Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melakukan inspeksi mendadak (sidak) pasar di Kecamatan Pandan, Selasa (7/2/2023). Sidak ini adalah upaya Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tapteng dalam pengendalian inflasi.

Kadis Perindag Tapteng Zafril Abdi Nasution menjelaskan, sidak pasar dilakukan sebagaimana arahan Presiden RI, mendagri, dan menteri terkait dalam upaya pengendalian inflasi nasional.

Pada operasi pasar itu, Pemkab Tapteng  telah berupaya melakukan penanganan inflasi, pemantauan harga, dan stok untuk memastikan ketersediaan bahan pokok. Hasilnya juga ditindaklanjuti dengan koordinasi teknis pengendalian inflasi termasuk dengan pemerintah pusat setiap minggu sejak bulan Agustus 2022 sampai sekarang.

Zafril Abdi Nasution menyampaikan, hasil sidak dan koordinasi pengendalian inflasi ini bahwa dari beberapa komunitas bahan pokok khususnya beras tidak ada ada kenaikan harga yang signifikan. Dijelaskannya, koordinasi yang dilakukan selama ini untuk menjaga pasokan bahan pokok dan harga-harga tidak naik signifikan.

FB IMG 1675934237954
Foto: Tim Disperindag Tapteng saat sidak pasar dan distributor di Kecamatan Pandan, Selasa (7/2/2023).

Selain itu, upaya yang dilakukan tahun 2023 ini atas instruksi pemerintah pusat adalah gerakan menanam cabai, melaksanakan operasi pasar murah,  melaksanakan sidak pasar dan sidak ke distributor, berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditas, serta upaya untuk merealisasikan BTT, memberikan bantuan transportasi kepada anak sekolah.

“Sesuai arahan Bapak Pj Bupati, kami melakukan sidak ke pasar-pasar  termasuk distributor yang saat ini kami lakukan di sekitar Kecamatan Pandan. Ke depan juga ke berbagai kecamatan lainnya untuk dapat mengetahui secara langsung harga-harga, khususnya komoditas bahan pokok, baik beras, minyak goreng, cabai, dan lainnya. Sehingga menjadi bahan yang penting dalam upaya pengendalian inflasi di Kabupaten Tapanuli Tengah. Hasilnya saat ini tidak ada kenaikan yang signifikan, namun kita semua berupaya untuk benar-benar mengantisipasi kenaikan inflasi tersebut,” ujarnya.

Turut dalam tim sidak pasar, Kabag Ekbang Sahala Sihotang, pihak dinas ketahanan pangan, serta petugas satpol PP. Sidak berlanjut pada keesokan harinya, Rabu (8/2/2023) dengan menyasar berbagai distributor yang juga melibatkan pihak pemerintah kecamatan dan kelurahan. (ril/mora)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *