Elfin Elyas Paparkan Manfaat Transaksi Digital Nontunai

IMG 20230725 061705
PJ Bupati Tapteng Elfin Elyas

TAPTENG – PJ Bupati Tapteng Elfin Elyas menghadiri acara Hight Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Tapteng dan Grand Launching Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara nontunai dengan menggunakan kanal digital, Senin (24/7/2023).

“Saya memberikan apresiasi kepada jajaran Pemkab Tapanuli Tengah yang terus berupaya untuk membangun akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan di daerah. Juga berupaya agar dalam transaksi keuangan yang dilakukan masyarakat dan koorporasi jauh lebih aman, mudah dan fleksibel, seperti dalam pelayanan pajak, retribusi dan pola pembayaran lainnya di tengah masyarakat. Hal ini penting agar perekonomian semakin tumbuh dan pelayanan publik pun semakin baik,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Elfin Elyas menyebutkan transaksi keuangan digital, baik yang dilakukan oleh pemda, masyarakat, maupun dunia usaha/koorporasi memiliki manfaat.

“Yang pertama proses cepat, cukup dengan menggunakan ponsel dan internet, transaksi dapat dilakukan secara efisien dalam satu waktu. Kemudian fleksibel, transaksi dilakukan secara mobile, kapan dan dimana saja. Cukup dengan memiliki ponsel, jaringan internet, dan aplikasi khusus pembayaran,” paparnya.

“Yang ketiga adalah transparan. Umumnya, proses pembayaran digital terhubung dengan email pengguna yang dapat melakukan tracking secara otomatis terhadap aktivitas transaksi yang dilakukan. Laporan transaksi sesuai dengan riwayat yang dilakukan akan dikirimkan secara berkala. Bahkan ada buku tabungan yang dapat di lihat juga melalui digital. Kelebihannya lagi, pembayaran digital akan lebih terjamin keamanannya karena data transaksi dilindungi oleh teknologi enkrips,” ungkap Elyas.

Pada kesempatan ini, Pj Bupati mengimbau OPD penghasil pajak dan retribusi daerah agar saling bersinergi dalam meningkat PAD melalui penggunaan kanal digital dengan tujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Mengoptimalkan kerjasama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Bank RKUD/Bank Sumut sebagai penyedia layanan produk perbankan yang mendukung sistim pembayaran nontunai dalam mewujudkan ETPD di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Melaksanakan sosialisasi dan edukasi guna meningkatkan literasi dan minat masyarakat dalam bertransaksi nontunai terutama menggunakan kanal digital.

Meningkatkan elektronisasi transaksi pemerintah daerah (ETPD), agar masing masing OPD penghasil pajak dan retribusi daerah melakukan pemetaan ETPD, menindaklanjuti rencana aksi pada road map/peta yang telah disepakati dan melakukan pengembangan ETPD dengan memanfaatkan QRIS dan kanal digital lainnya.

“Yang terakhir agar mengoptimalkan penyediaan dan peluasan jaringan free wifi pada area publik,” Elfin Elyas manambahkan. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *