Guru PAUD, SD dan SMP se-Tapteng Sepakat Netral di Pemilu 2024

IMG 20240201 WA0036
Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta berfoto bersama para Guru PAUD, SD dan SMP usai membacakan pernyataan sikap netralitas ASN di Lingkungan Pemkab Tapteng di Lapangan Sepak Bola Pandan.

PANDAN – Pj. Bupati Sugeng Riyanta pimpin Apel Gabungan Netralitas ASN, Kepala PAUD, SD, SMP Negeri/Swasta di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) bertempat di Lapangan Sepakbola Pandan, Kamis (1/2/2024).

Dalam apel bersama ini, dilakukan pembacaan pernyataan sikap ASN Kepala PAUD, SD, SMP Negeri/Swasta, sekaligus penandatanganan pernyataan sikap oleh perwakilan Kepala PAUD, SD, SMP Negeri/Swasta, dihadapan Pj. Bupati Tapteng, Ketua KPU Tapteng, dan Ketua Bawaslu Tapteng, mewakili Kapolres Tapteng, dan mewakili Dandim 0211/TT.

Bacaan Lainnya

“Saya mengucapkan terima kasih atas tadi telah mengucapkan tekad,
yang pertama, saya ingin menekankan Pemilu tahun 2024 tinggal 13 hari lagi, waktu yang tidak panjang. Oleh karena itu, bapak ibu Kepala Sekolah, Guru kalau di lingkungan di desa-desa itu menjadi tokoh masyarakat yang sangat didengar dan disegani. Kami mohon bapak ibu sekalian semakin ke sini harus rajin untuk menjaga diri, jaga betul netralitas terkait dengan Pemilu. Jangan sampai membuat pertemuan-pertemuan yang bisa menimbulkan kecurigaan dari masyarakat,” kata Sugeng mengawali arahannya.

“Kalau ada membuat pertemuan, diundang dari Bawaslu kecamatan dan kelurahan/desa, daripada adanya nanti kecurigaan-kecurigaan, masyarakat sekarang sedang sensitif kepercayaan kepada ASN, itu masih ada kecurigaan-kecurigaan tidak netral. Tahan diri tidak usah membahas politik di depan umum.
Saya meminta Bapak Ibu fokus pada pekerjaan. Bapak ibu guru itu membangun karakter anak didik, diajarkan pada mereka sekolah itu adalah untuk menuntut ilmu. Dan dengan ilmu, karakter seseorang harus lebih baik. Tolong diajari karakter agar jujur, saling menghormati sesama, dan berintegritas. Para bapak ibu Guru sejatinya untuk melayani masyarakat, jangan sampai ada yang mencederai itu,” sambungnya.

Sampai hari ini, lanjut Pj Bupati Tapteng, untuk segmen para Guru Kepala Sekolah sedikit komplain dan tidak terlalu banyak laporan. Fokus saja pada pelayanan mengajar dengan baik.

“Mari jaga kondusifitas masing-masing mari sukseskan Pemilu ke depan dengan baik, caranya datang ke TPS, jangan golput, yang dipilih terserah hati nurani. Kalau itu sudah dilaksanakan, ijin Allah SWT maka bapak ibu menjadi tauladan sejati. Saya juga mengimbau tidak boleh ada yang mengancam dan mengintimidasi. Jaga tugas masing-masing agar bisa berjalan dengan baik,” pesannya.

“Tugas saya sebagai Pj Bupati memastikan pemerintahan berjalan dengan baik. Atas ijin Allah agar berjalan dengan baik, bekerja seperti biasa sehingga sehingga suasana akan baik,” kata Pj Bupati Sugeng Riyanta.

IMG 20240201 WA0035

Berikut pernyataan sikap yang dibacakan oleh seluruh Kepala PAUD, SD, SMP Negeri/Swasta di lingkungan Pemkab Tapteng;

Kami Kepala PAUD, SD, SMP Negeri/Swasta di lingkungan Pemkab Tapteng menyatakan:

1. Setia dan taat kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

2. Mendukung penuh kepemimpinan Penjabat Bupati Tapanuli Tengah, Bapak Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH dalam memimpin pemerintahan dan masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah.

3. Menjunjung tinggi Netralitas dan profesionalisme untuk mensukseskan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 tanpa keberpihakan aktif terhadap salah satu partai politik atau calon peserta Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

Demikian pernyataan sikap ini disampaikan dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Kegiatan ini turut dihadiri Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tapteng, Erman Syahrin Lubis, Staf Ahli, Pimpinan OPD Pemkab Tapteng.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *