Pj Bupati Sugeng Serahkan Alsintan Kepada 7 Kelompok Tani Tapteng

IMG 20240227 WA0024
Pj Bupati Sugeng Serahkan Alsintan Kepada 7 Kelompok Tani Tapteng.

PANDAN – Pj Bupati Sugeng Riyanta menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian kepada 7 kelompok tani di Kabupaten Tapteng, Sumatra Utara (Sumut), Selasa (27/2/2024).

Penyerahan alsintan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Tapteng di Kota Pandan.

Bacaan Lainnya

“Ada 7 (Tujuh) kelompok tani yang menjadi perhatian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara yang menerima alat pertanian. Tentu ini menjadi nikmat yang harus disyukuri,” kata Sugeng Riyanta mengawali sambutannya.

IMG 20240227 WA0025

Sugeng mengharapkan Kepala Desa dan Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Tapteng untuk betul-betul memberdayakan masyarakat, memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa sejatinya Pemerintah melalui APBN, melalui APBD Provinsi Sumut juga memberikan alokasi dana bantuan melalui hibah untuk membantu masyarakat mendapatkan bantuan berupa bantuan alat dan mesin pertanian.

“Sehingga sistem pertanian semakin modern tentu akan berdampak kepada percepatan peningkatan mutu pengelolaan tanah, peningkatan intensitas pertanaman, efisiensi biaya produksi, penyelamatan kehilangan hasil, peningkatan mutu hasil, dan peningkatan pendapatan petani,” jelas Pj Bupati Tapteng.

Ia menerangkan, jika alat dan mesin pertanian semakin modern, tentu membutuhkan pentingnya kehadiran penyuluhan pertanian yang harus diberdayakan untuk membina sekitar 762 kelompok tani yang ada di Kabupaten Tapteng.

“Saya mengucapkan selamat kepada kelompok tani yang mendapatkan bantuan alat pertanian. Saya berpesan agar bantuan ini digunakan dengan baik. Jangan dijual. Semoga alat ini bermanfaat dan dapat meningkatkan hasil pertanian. Untuk pemakaian jangka panjang, kiranya alat dan mesin pertanian ini dirawat dan dijaga dengan baik,” pintanya.

Adapun jenis/jumlah dan kelompok tani penerima bantuan Alsintan, bantuan APBN (Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian T.A.2024), diantaranya Combine Harvester (Pemanen Padi Otomatis) 1 unit diserahkan kepada Kelompok Tani Martunas Desa Pargarutan Kecamatan Sorkam.

Slain itu, Kelompok Tani Martunas juga mendapatkan Bantuan berupa Hand traktor ( Membajak Sawah) 1 unit bersumber dari dana APBD Provinsi (Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatra Utara T.A 2024).

Sementara itu Kelompok Tani Indah Sejati Lumut mendapatkan 1 unit Cultivator (penggembur tanah) dan Kelompok Tani Aek Bottot Tukka, masing masing mendapatkan 1 unit Cultivator (penggembur tanah).

IMG 20240227 WA0028

Sebanyak 35 unit Handsprayer ( alat semprot) bersumber dari dana APBD Provinsi ( Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Provinsi Sumatra Utara T.A 2024), diserahkan masing-masing 7 unit kepada Kelompok Tani Martunas Kecamatan Sorkam, 7 unit Kelompok Tani Saroha Desa Mombangboru Kecamatan Sibabangun, 7 unit Kelompok Tani Karya Desa Lopian Kecamatan Badiri, 7 unit Kelompok tani Makmur Desa Sitio Tio Hilir Kecamatan Pandan, dan 7 unit Kelompok Tani Gabe Marsada Desa Parjalihotan Baru, Kecamatan Pinangsori.

Kegiatan ini turut dihadiri Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Tapteng, Hikmal Batubara, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Tapteng Siti Alam, Asisten Administrasi dan Umum Setdakab Tapteng, Nurjalilah, Plt Kadis Pertanian Tapteng Nurhalimah Hutagalung, para Camat Kepala Lurah/Desa serta kelompok tani penerima bantuan. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *