Tapteng “MEMBARA” Ala Dr. Sugeng Riyanta

IMG 20240625 202850
Pj Bupati Tapteng Dr Sugeng Riyanta SH MH saat meninjau salah satu rumah yang akan dibedah di Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatra Utara.

TAPTENG – Pj Bupati Tapteng, Dr. Sugeng Riyanta, SH MH meluncurkan program Tapteng Membara (Tapanuli Tengah Membangun Rumah Rakyat) di Desa Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Selasa (25/6/2024).

Dr. Sugeng Riyanta mengungkap, program ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi perumahan masyarakat kurang mampu di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Bacaan Lainnya

Program ini berasaskan semangat kepedulian dan gotong royong. Anggarannya tidak bersumber dari APBD, tetapi dari sumbangan, donasi, infak, serta bantuan lainnya.

“Ini gagasan yang saya buat, berdasar niat gotong royong dari kita bersama, diawali adanya informasi tentang kondisi rumah warga di Desa Madani yang ambruk terkena bencana,” kata Sugeng Riyanta.

Tetapi, ketika dicek anggaran untuk rehab rumah tidak ada, ia pun mengajak kawan-kawan Papdesi untuk gotong royong merehab rumah tersebut dan berkembang hingga sekarang.

Sugeng Riyanta menjelaskan, program besutannya tersebut sengaja diniatkan untuk ibadah, serta sebagai wujud kepedulian dan rasa kemanusiaan yang harus ditingkatkan.

“Jangan ada yang mengaitkan ini ke politik, karena saya tidak mencalonkan diri menjadi bupati,” katanya.

Sugeng Riyanta berharap, selama menjabat ada usaha perubahan yang diperbuat untuk kemajuan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Maka, dia pun terus berkeliling di Jakarta dan luar kota mengajukan proposal bantuan untuk pembangunan rumah masyarakat yang tak layak huni.

“Alhamdulillah, mendapatkan hasil yang baik. Terhimpun dana mencapai total 2,6 miliar. Terima kasih kepada donatur dan semua pihak yang memberikan bantuan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Sugeng juga memperkenalkan Ade Sofyan, perwakilan dari Tunas Muda Adhyaksa Kejagung RI dan Helmi, perwakilan Salim Grup yang akan melakukan survei lapangan.

IMG 20240625 203107
Pj Bupati Tapteng Dr Sugeng Riyanta SH MH menyerahkan bantuan kepada warga pemilik rumah yang tak layak huni.

Kadis Perkim Tapteng, Winner Napitupulu, sebelumnya melaporkan, bantuan program Tapteng Membara disalurkan dua tahap.

Tahap pertama untuk 14 rumah sebesar Rp 280 juta (material sudah di serahkan), tahap kedua untuk 13 rumah akan diserahkan setelah pelaksanaan tahap pertama selesai dikerjakan.

Dijelaskan, total penghimpunan dana untuk program Tapteng Membara mencapai Rp 2.657.849.276 dengan rincian sebagai berikut:

1. Pj Bupati Tapteng, Sugeng Riyanta, Rp 34 juta
2. Tunas Muda Adhyaksa Kejaksaan Agung RI, Rp 1 Miliar.
3. CSR PT BTN (PERSERO) Tbk, berupa material bahan bangunan senilai Rp 540 juta.
4. CSR Sinar Mas Grup Rp 200 juta.
5. CSR PT. Bank Sumut Rp 317.399.276.
6. Kepala Desa se Tapteng melalui PAPDESI Rp 304.600.000.
7. Donatur Pemkab Tapteng Rp 70 juta.
8. Bantuan pihak ketiga yang tidak mengikat Rp 191.850.000. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *