Babinsa Ini Bertahun-Tahun Jaga Portal Zona Merah Gunung Sinabung

  • Whatsapp
Serka SP.Hasibuan Anggota Koramil 05/Payung Kodim 0205/TK Ketika Berada di Portal Zona Merah. Foto: ist.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, KARO – Hingga saat ini status Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara masih berada di level IV atau awas. Masyarakat diingatkan untuk tidak melakukan aktivitas pada radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km, dan sektor utara-timur Gunung Sinabung.

Masyarakat yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diingatkan untuk waspada.

Bacaan Lainnya

Kondisi itu membuat Serka SP.Hasibuan Anggota Koramil 05/Payung Kodim 0205/TK selama bertahun tahun melaksanakan jaga Portal di Simpang Bintun untuk melarang masyarakat maupun wisatawan lokal dan pendatang memasuki zona merah Sinabung apabila sedang erupsi.

“Apabila Gunung Sinabung erupsi jarak luncur awan panas hingga mencapai 1.000 meter hingga 2.000 meter mengarah ke tenggara. Namun ternyata warga masih banyak memaksakan diri memasuki zona merah. Maka kami yang terdiri dari tim gabungan dari Polsek dan Koramil setempat terus meningkatkan patroli di sejumlah pintu masuk zona merah,” Serka SP.Hasibuan.

Serka SP.Hasibuan mengaku masih sering menemukan warga yang nekat masuk ke zona merah.

“Masih ada saja warga yang masuk zona merah untuk melihat kebunnya. Kami bertanggung jawab di pos zona merah hanya bisa melarang dan memberikan sosialisasi agar masyarakat menjauhi zona merah 0 km sampai dengan 7 km,” jelas Babinsa Hasibuan. (ril penrem023/Ren Morank)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *