Pertempuran Heroik di Laut Aru Diperingati di Sibolga

  • Whatsapp
Upacara Hari Dharma Samudera Tahun 2018 di lapangan apel Mako Lanal Sibolga, Senin (15/1/2018) pagi.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, SIBOLGA – Jajaran Lanal Sibolga melaksanakan upacara Hari Dharma Samudera Tahun 2018, di lapangan apel Mako Lanal setempat, Senin (15/1/2018) pagi. Upacara ini hakikatnya merupakan bentuk penghormatan, sekaligus mengenang peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru 56 tahun silam. Dimana dalam pertempuran itu telah gugur para pahlawan Indonesia untuk mempertahankan wilayah kedaulatan NKRI.

Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Sri Rakhmadi MTr Hanla sebagai inspektur upacara membacakan amanat Kasal Laksamana TNI Ade Supandi SE MAP. Dalam amanat itu disampaikan sejarah pertempuran di laut yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 tersebut. Dimana Komodor Yos Sudarso sebagai Senior Officer Present Afloat (SOPA) on board di KRI Matjan Tutul yang tertembak oleh kapal perang Belanda. Kapal itu tenggelam, dan Komodor Yos Sudarso gugur bersama awak KRI Matjan Tutul.

Kasal menegaskan, pengobanan para pahlawan tersebut telah menorehkan tinta emas dalam sejarah nasional perjuangan bangsa Indonesia. Itu adalah satu kunci keberhasilan perjuangan di masa lalu.

“Nilai-nilai yang dapat dijadikan pedoman adalah sikap kebersamaan, senasib dan seperjuangan, integritas tinggi, kerja keras, kerja cerdas, tanpa pamrih serta lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau kelompok,” sebutnya.

Danlanal Sibolga kemudian menyampaikan penekanan Kasal tentang mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta keteladanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu sebagai kontribusi positif dan karya nyata dari segenap prajurit Matra laut dalam pengabdian kepada negara dan bangsa.

“Nilai-nilai juga untuk terwujudnya TNI AL yang handal dan disegani serta berkelas dunia,” tegasnya.

Dalam upacara bertindak sebagai Komandan upacara Lettu Laut (S) Eko Hari Nugroho dan perwira upacara Letda laut (P) Imam Syafii. Upacara diikuti oleh seluruh perwira, bintara, tamtama, para ASN Lanal Sibolga, serta Jalasenastri Cab 3 Korcab II DJAB. (Mora/ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *