PLN Gantung Kabel Listrik di Pohon Kelapa Warga Sito-Tio Pandan Resah

  • Whatsapp
Kabel Listrik Yang Digantung di Pohon Kelapa. Foto: SNT.

Smart News Tapanuli, TAPTENG – Warga yang bermukim di Gang Ros, Jalan Pesantren, Kelurahan Aek Sitio-Tio, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), resah akibat kabel listrik milik PLN selama bertahun-tahun digantung di pohon kelapa dengan ketinggian sekitar 2 meter.

itu membuat warga khawatir jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, kabel listrik yang digantung melalui pohon kelapa itu juga melintang melalui atap dan dari samping rumah warga.

Bacaan Lainnya

Menurut warga setempat, keluhan mereka sudah tiga kali disampaikan ke PLN melalui lurah setempat agar dilakukan pemasangan tiang listrik untuk pemindahan kabel listrik dari pohon kelapa. Namun pihak PLN hingga saat ini belum merespon kekhawatiran warga.

“Kami sudah sangat khawatir dengan keberadaan kabel listrik yang Cuma digantung dipohon dan sebagian kabelnya melintang diatas rumah dan dari samping rumah. Padahal melalui lurah sudah kami sampaikan tiga kali agar PLN mendirikan tiang listrik agar dipindahkan. Namun hingga saat ini belum ada reaksi dari PLN,” ujar A Cipta Karya, warga setempat, Rabu, (7/2/2018) kepada Smartnews Tapanuli.

Cipta menerangkan, sekitar tahun 2012 kabel listrik PLN awalnya sudah dipasang kesalah satu rumah warga meskipun belum dipasang tiang listrik.

Kabel Listrik yang Melewati Atap Rumah Warga. Foto: SNT.

Pada tahun 2017 warga kembali menyampaikan hal itu ke PLN melalui pihak kelurahan untuk pemasangan tiang listrik didaerah itu.

“Pihak PLN sudah sudah sempat turun dan berjanji akan memasang tiang listrik. Namun selang beberapa waktu kemudian petugas PLN dating untuk menanyakan lokasi tempat pemasangan tiang listrik, tapi beberapa warga gak setuju memberikan lahannya. Tapi hal itu kan tidak menjadi alasan bagi PLN menunda pemasangan,” jelas Cipta.

Dia menyebutkan, kabel listrik yang terpasang di pohon kelapa yang rendah dengan kondisi terjunta diatas atap rumah warga dianggap sangat berbahayakan pemilik rumah.

“Sampai kapan kami mau menunggu pemasangan tiang listriknya. Inikan tugas PLN. Jangan keselamatan nyawa kami menjadi taruhan karena adanya persoalan lahan untuk pemasangannya. Kami harap PLN harus cepat memasang tiangnya,” ujarnya menambahkan.

Katanya lagi, jika dalam waktu dekat PLN tidak juga bertindak maka dirinya mengatakan akan berencana memindahkan kabel listrik tersebut.

“Kalau dalam waktu dekat PLN tidak juga memasang tiang listriknya maka jangan disalahkan kami kalau kabel listrik yang yang ada diatas atap rumah kami akan kami pindahkan. Hal itu untuk menjaga keselamatan kami. Ini uda lama, bukan satu atau dua minggu, udah tahunan. Jadi kami harap pimpinan PLN melihat dan mendengar keluh kesah kami ini,” pungkasnya.

Namun sayang, terkait keluhan warga tersebut, belum diperoleh konfirmasi dari pihak PLN. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *