Ini 5 Bahaya Merokok untuk Kesehatan Tubuh Wanita, Nomor 5 Patut Diwaspadai

oleh
ilustrasi Wanita Merokok. Foto: Bisnis Indonesia/int.

Smart News Tapanuli – Kecanduan merokok bagi pria berdampak buruk khususnya pada paru-paru dan alat kelaminnya. Ternyata, pria yang kecanduan rokok akan memiliki sperma yang berkualitas rendah sehingga susah melakukan pembuahan. Selain itu, pria dengan kebiasaan merokok cenderung punya penyakit kelainan kardiovaskular seperti serangan jantung atau jantung koroner.

Bukan pria saja, wanita juga berisiko terkena banyak gangguan pada tubuhnya. Wanita yang kerap merokok akan mengalami beberapa hal.

1. Mengacaukan siklus haid

Wanita yang merokok secara aktif cenderung mengalami dismenoreatau rasa nyeri yang tidak tertahankan ketika menstruasi. Selain itu, wanita perokok berat bisa mengalami gangguan infertilitas karena sering telat menstruasi hingga mengalami menopause lebih awal hingga 1-2 tahun sebelum waktunya.

2. Kanker paru-paru

Sama halnya dengan pria, wanita yang merokok juga punya kans yang besar mendapatkan kanker paru-paru. Kanker yang masuk ke dalam paru-paru wanita terjadi karena racun dari tembakau masuk ke dalam dan akhirnya mengendap dan memunculkan sel-sel karsinogenik.

3. Kepadatan tulang berkurang

Saat wanita merokok, radikal bebas akan masuk ke dalam tubuh dan menyerang sistem imun atau kekebalan. Wanita yang kekebalannya turun akan mengalami gangguan keseimbangan tubuh sehingga hormon seperti estrogen jadi rusak. Dampaknya, kepadatan tulang wanita akan menurun dan akhirnya mengalami gangguan tulang seperti osteoporosis.

4. Mata mengalami katarak

Wanita yang merokok memiliki risiko besar mengalami katarak karena lensa mata mengalami gangguan. Umumnya katarak dialami oleh wanita yang berusia lanjut. Namun, mereka yang merokok baik itu aktif atau pasif lebih besar risikonya terkena gangguan mata ini.

5. Wajah cepat tua

Asap yang keluar saat merokok menyebabkan wajah jadi terkena racun. Kebiasaan merokok yang diulang-ulang oleh wanita bisa menyebabkan wajah jadi kusam, bibir kering, dan banyak kerutan di wajah. (doktersehat.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *