Pencarian KM Mega Top III Dilanjutkan Hari ini, SAR Turunkan 3 Kapal dan Pesawat TNI AL

  • Whatsapp
Rapat Kordinasi Dalam Rangka Lanjutan Operasi Pencarian KM Mega Top III yang Menurunkan 3 Kapal dan Pesawat TNI AL di Mako Lanal Sibolga, Selasa, 13 Februari 2018.

Smart News Tapanuli, SIBOLGA – Paska penemuan jenazah oleh nelayan KM Cucu Sabena di Pulau Wunga, Nias Utara, Sumut. Basarnas menyatakan akan melanjutkan operasi pencarian ABK KM Mega Top III mulai hari ini, Rabu (14/2/2018).

Pernyataan ini disampaikan Direktur Operasi Basarnas Brigjen (Mar) Bambang Suryo Aji didampingi Kasubdit Standarisasi Operasi Rochmali SE, usai memimpin rapat kordinasi yang difasilitasi Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Sri Rakhmadi M Tr Hanla, di Mako Lanal Sibolga, Selasa (13/2/2018) kemarin.

Bacaan Lainnya

Rapat kordinasi ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori yang selama ini getol memperjuangkan upaya pencarian ABK KM Mega Top III dan Ketua HNSI Sibolga Ilham Zeb Tumori.

Pada kesempatan ini Dirops Basarnas Brigjen (Mar) Bambang Suryo Aji juga memberi keterangan kepada keluarga korban ABK KM Mega Top III di aula Zulkifli Tanjung Lanal Sibolga.

“Basarnas bersama potensi SAR kembali melakukan pencarian yang meliputi penyisiran daratan dan perairan,” ujar Bambang.

Disampaikan Bambang, dalam operasi tersebut, dirinya akan menurunkan seluruh potensi yang ada, termasuk menurunkan pesawat dan mengerahkan 3 kapal SAR yang berada di beberapa pos SAR yang menjadi kordinat adanya ditemukan tanda-tanda.

“Ada tiga kapal laut dan satu pesawat akan melakukan penyisiran di daerah yang disebut ditemukan tanda-tanda, saya akan berusaha maksimal, saya mohon doanya kiranya usaha kita ini membuahkan hasil,” imbuh Bambang.

Dia meminta pihak keluarga harus kuat dan ikhlas jika dalam pencarian nantinya ABK kapal dalam keadaan telah meninggal dunia.

Selain kapal SAR, Basarnas juga bekerja sama dengan HNSI Sibolga mengerahkan nelayan tradisional membantu pencarian di daerah mereka melaut.

“HNSI adalah potensi SAR, untuk itu kita minta tolong apabila ada menemukan mayat untuk dapat berkordinasi, agar dalam pengevakuasian petugas SAR yang langsung turun,” katanya.

Sebelumnya, ditemukan jenazah diduga seorang ABK KM Mega Top III atas nama Rizwan Naim warga Jln Sisingamangaraja Gg Kenanga, Kelurahan Aek Parombunan, Kota Sibolga.

Jenazah Rizwan Naim ditemukan nelayan KM Cucu Sabena di Pulau Wunga, Nias Utara, Sumut, kemudian dibawa menuju Sibolga menggunakan kapal Sempurna.

Jenazah tiba di dermaga KNTM Sibustakbustak, Kecamatan Sibolga Selatan, Senin (12/2/2018) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Jenazah kemudian dievakuasi dan dimasukkan ke ruang jenazah RSU FL Tobing Sibolga. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *