2,3 Juta Warga Sumut Belum Rekam e-KTP

  • Whatsapp
2,3 Juta Warga Sumut Belum Rekam e-KTP.

Smart News Tapanuli, MEDAN – Berdasarkan DP4 Pilkada, jumlah penduduk di Sumatera Utara (Sumut) yang wajib KTP tercatat 10.355.695 jiwa. Penduduk yang sudah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) tercatat 8.230.380 jiwa atau 78,10%, sementara sisanya 2.307.545 atau 21,90% belum terekam.

“Masih 8.230.380 jiwa yang terekam dan sisanya 2.307.545 belum. Diharapkan bisa segera dilakukan perekaman,” ujar Plt Kadis Dukcapil Sumut Ahmad Zaki pada Rakor Bidang Adminduk se Sumut di Garuda Plaza Hotel di Medan, Kamis (15/2/2018).

Bacaan Lainnya

Untuk percepatan perekaman, Gubsu HT Erry Nuradi sudah menginstruksikan bupati dan walikota di 33 daerah di Sumut segera memerintahkan dinas terkait melakukan perekaman data kependudukan di daerah.

Bahkan Gubsu Erry Nuradi juga sudah meminta bantuan KPU untuk mengimbau para pasangam calon bupati/walikota dan gubernur untuk mengajak masyarakat melakukan perekaman data kependudukan.

“Meski data perekamam yang masih 78,10 persen itu dibantah Dinas Dukcapil dari kabupaten/kota Sumut dan mengklaim totalnya sudah 89,03 persen.Tetap saja belum mencapai 100 persen sehingga memang harus dikejar,” kata Zaki.

Berdasarkan laporan dari daerah, kendalanya akibat banyak peralatan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dan e-KTP mengalami kerusakan.

“Pemprov Sumut berharap Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri segera mengirimkan teknisi untuk memperbaiki peralatan tersebut,” katanya.

Perbaikan peralatan ini diharapkan jadi prioritas mengingat Sumut akan melakukan Pilkada serentak pada Juni 2018.

Dirjend Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh meminta seluruh pihak terkait di Sumut bisa bersinergi bergerak serentak dan menjemput bola untuk menuntaskan perekaman e-KTP.

“Jemput bola, kerjasama intensif, sinergi, Sabtu Minggu masuk untuk pelayanan kepada masyarakat,” tegas Zudan.

Prioritas utama adalah perekaman dan pencetakan e-KTP, tuntaskan cakupan akta lahir, meningkatkan kualitas layanan dan pemanfaatan data kependudukan yang optimal.

Dalam kesempatan itu diumumkan pemenang lomba registrasi penduduk di kabupaten/kota se Sumut 2017.

Berikut nama pemenangnya:

Kabupaten Serdang Bedagai juara pertama
Asahan juara kedua
Pakpak Bharat juara ketiga
Kota Tanjung Balai juara pertama
Pematangsiantar juara kedua
Tebingtinggi juara ketiga

(ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *