oleh

Buku Photography Barus Kota Emporium dan Peradaban Nusantara Diluncurkan

Jakarta – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani hadiri Peluncuran Buku Photography Barus Kota Emporium dan Peradaban Nusantara karya Hasiholan Siahaan, diadakan oleh Institut Francais d’Indonésie di Jalan Wijaya I, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, 19 Mei 2018.

Acara diawali dengan diskusi seputar Kota Barus. Hasiholan Siahaan selaku Penulis yang juga sebagai Photographer bertindak selaku pembicara di acara ini.

“Buku ini saya tulis berisikan foto-foto sejarah Barus. Saya tertarik dengan sejarah Kota Barus,” ujar Hasiholan Siahaan.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani mengapresiasi karya Hasiholan Siahaan yang menulis sejarah Kota Barus dalam bukunya. Bakhtiar berharap, kejayaan Barus bisa bangkit kembali melalui buku karya Hasiholan.

“Kejayaan Kota Barus diangkat kembali dalam sebuah Buku Photography Barus Kota Emporium dan Peradapan Nusantara karya Hasiholan Siahaan,” ucap Bakhtiar.

Bakhtiar menyampaikan, dengan peluncuran buku ini diharapkan bisa berdampak positif pada percepatan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Sejalan dengan itu, Bakhtiar mengharapkan pemerintah pusat melalui Kementerian dan lembaga terkait dapat memberikan perhatian melalui percepatan pembangunan infrastruktur di Barus, yang dikenal sebagai salah satu Kota Tertua dan Pusat Peradaban Islam di Nusantara sejak Abad 6 Masehi.

“Dengan diluncurkannya buku ini, kiranya membawa dampak positif pada percepatan pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah. Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dan masyarakat Tapteng berharap pemerintah pusat dan kementerian yang terkait untuk memberikan perhatian,” ujar Bakhtiar.

 

“Untuk itu, besar harapan kami dengan diluncurkannya Buku Photography Barus Kota Emporium dan Peradapan Nusantara, kiranya bisa sebagai salah satu cara untuk mempromosikan, mengangkat, dan membangkitkan kembali masa kejayaan Barus melalui pembangunan di sektor Pariwisata Religi, yaitu Titik Nol Kilometer Peradaban Islam Nusantara di Barus, pembangunan kawasan Makam Mahligai, pembangunan kawasan Makam Papan Tinggi, dan kawasan Wisata Religi di Sihorbo, serta infrastruktur pendukung di Barus sekitarnya dan Tapteng pada umumnya,” harap Dia.

Turut hadir pada acara itu, Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet, Wakil Ketua DPD Republik Indonesia Darmayanti Lubis, Anggota Komisi VIlI DPR Republik Indonesia Marwan Dasopang, dan undangan lainnya. (ril_ren)

Komentar