Bahayakah Jika Tautan Kuota Gratis Rp250 Ribu di Klik?

  • Whatsapp
Screenshot Penawaran bagi-bagi kuota gratis Rp250 ribu. FOTO: istimewa.

Smart News Tapanuli – Sebuah tautan yang menawarkan bagi-bagi pulsa kuota beredar dan bikin heboh, Kamis, (31/5). Tautan itu tersebar luas melalui WhatsApp. Ketika tautan tu dibuka, kemudian ada anjuran untuk menjawab sejumlah pertanyaan seperti kuis, untuk mendapatkan hadiah yang ditawarkan.

Jika Anda mendapatkan tautan bagi-bagi pulsa itu, harap waspada. Information Technology Security Specialist Vaksinkom, Alfons Tanujaya mengatakan, tautan yang beredar tersebut tergolong dalam scam atau penipuan. Artinya, orang ingin mengambil keuntungan secara finansial dengan penyebaran tautan yang heboh tersebut.

“Menurut pengalaman kami, pembuat scam ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan finansial dari penyebaran scam. Biasanya keuntungan yang didapatkan adalah dari klik iklan yang muncul di situs scam,” ujar Alfons melalui pesan singkat, Kamis, (31/5) dilansir laman viva.co.id.

Survei berbentuk pertanyaan tersebut juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan finansial tersebut.

Untuk scam yang menampilkan iklan atau survei, Alfons menyatakan, tidak ada kerugian berarti dari orang yang mengakses tautan tersebut.

“Kalau hanya tampilkan iklan dan isi survei sih paling rugi waktu saja. Tetapi kalau yang membuat scam-nya jahat, mereka bisa menyelipkan malware yang bisa melakukan banyak hal negatif,” jelas Alfons.

Beberapa yang bisa diselipkan adalah perangkat lunak komputer berbahaya (malware) untuk perangkat yang mana penipu bisa mengendalikan perangkat, seperti cryptomining. Ada pula peluang penipu mengirimkan keylogger yang bertugas untuk mencuri sejumlah informasi seperti password, informasi finansial, dan kartu kredit.

Terakhir, penyebar scam bisa mengirimkan malware pemalak atau ransomware, yang terkenal untuk meminta uang tebusan kepada korbannya. Malware ini akan mengenkripsi data perangkat. Kemudian jika korban ingin datanya kembali, mereka harus memberikan sejumlah uang pada penyebar ransomware tersebut.

Tautan itu dikirimkan secara berantai melalui WhatsApp. Pada keterangannya dituliskan akan memberikan kuota gratis senilai Rp250 ribu. Pada akhir kalimat juga dituliskan waktu terbatas, untuk memancing orang segera mengklik tautan tersebut dan menerima kuota gratis.

Tautan tersebut yaitu pulsa-kuotagratis.club. Saat dibuka tautan tersebut, terdapat logo 18 operator di bagian atasnya. seperti Telkomsel, Indosat, XL, Fren, hingga Ceria.

Pada bagian bawah logo tersebut, terdapat tulisan lagi yang menyatakan, pengguna yang mengklik tautan tersebut akan berkesempatan mendapatkan hadiah pulsa yang jumlahnya beragam.

“Selamat Anda terpilih berkesempatan mendapatkan hadiah pulsa mulai dari Rp10.000 hingga Rp100.000 gratis,” tulis keterangan di tautan tersebut. (viva)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *