oleh

7 Objek Wisata Andalan Tapteng yang Wajib Dikunjungi

Tapanuli Tengah – Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), merupakan salah satu daerah destinasi wisata di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Daerah yang dijuluki “Negeri Wisata Sejuta Pesona” menyimpan potensi keindahan alam yang luar biasa diantaranya, Wisata Religi, Wisata Alam, Gunung, Pantai dan Laut (GUPALA).

Keunggulan Tapteng disektor wisata di dukung oleh terbukanya akses transportasi jalur darat maupun udara dengan adanya penerbangan Garuda Air Lines dengan Rute Penerbangan Bandara Pinang Sori – Medan-Jakarta, Penerbangan Lion Air dan Susi Air, sehingga memudahkan wisatawan lokal maupun turis mancanegara berkunjung ke daerah ini.

Makam Papan Tinggi.

Bagi Anda yang sedang menikmati liburan, berikut 7 (tujuh) objek wisata di kabupaten Tapanuli Tengah, yang wajib dikunjungi.

1. Titik Nol Islam Nusantara, Makam Mahligai dan Makam Papan Tinggi Barus

Wisata religi ini terletak di Kota Tua Barus, Kecamatan Barus. Daerah ini dikenal sebagai Bandar atau pelabuhan terbesar di Asia. Anda yang berkunjung ke daerah ini akan bisa menyaksikan bukti atau situs makam pedagang dari Timur Tengah diantaranya, Makam Mahligai dan Makam Papan Tinggi yang diyakini sebagai Aulia pembawa masuknya Agama Islam melalui Barus.

Makam Mahligai.

Selain itu, ada Titik Nol Islam Nusantara yang terletak di Kelurahan Batu Gerigis, Kecamatan Barus, dan telah diresmikan oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, pada Jumat, 24 Maret 2017 lalu, yang mencatat bahwa Barus merupakan Gerbang Masuknya Islam di Nusantara.

Ketiga objek wisata religi tersebut adalah situs bersejarah yang penting dikunjungi untuk menambah ilmu pengetahuan, sembari Anda berwisata.

Lokasi ketiga wisata religi ini berjarak sekitar 70 Km dari Pandan Ibu Kota Kabupaten Tapteng, dapat ditempuh dengan 2 jam perjalanan.

Presiden RI Joko Widodo Saat Meresmikan Titik Nol Nusantara di Kecamatan Barus, 24 Maret 2017. FOTO: dok/ist.

2. Pulau Mursala

Pulau Mursala berada di Kecamatan Tapian Nauli, dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan menaiki speadboat dari Pantai Pandan, Kecamatan Pandan. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, selain tidak pernah kering, kelebihan air terjun ini adalah airnya tawar dan langsung jatuh laut.

Selain itu, panorama bawah lautnya dihiasi keanekaragaman biota laut di atas hamparan terumbu karang nan indah, juga amat menjanjikan kenikmatan bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Tampilan unik dan eksotis yang tidak ada duanya di dunia, keunikan air terjun pulau mursala membuat daya pikat dan decak kagum siapa saja yang berwisata ke pulau ini.

Air Terjun Pulau Mursala.

3. Pulau Putri

Pulau Putri, seindah namanya pulau ini begitu indah dipandang, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pulau yang berada di kecamatan Tapian Nauli. Lokasinya dapat dijajal dengan menaiki speadboat dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dari kecamatan Pandan.

Dilokasi ini pengunjung dimanjakan dengan menikmati keindahan pasir putihnya, biru lautnya. Bagi pecinta snorkling dapat membawa peralatannya untuk melihat keindahan bawah laut pulau putri, menyelam, melihat ikan-ikannya yang ‘lucu’ ditambah indahnya terumbu karang bawah laut.

Pulau Putri.

4. Pantai Pandan

Pantai Pandan berada dibibir pantai ibukota Pandan, garis pantainya membentang sepanjang 5 km dari pantai Lubuk Tukko hingga Pantai Bosur Pandan, didukung oleh fasilitas Banana Boat, Perhotelan dan Kuliner.

Objek wisata pantai Pandan merupakan salah satu andalan objek wisata yang dimiliki Tapteng. Lokasinya tidak jauh dari Kota Pandan. Pantainya landai, pasir putihnya memanjakan mata apalagi dengan pemandangan laut yang terhampar luas dan gugusan pulau pulau kecil. Objek wisata ini memiliki pesona luar biasa.

Anda yang berkunjung ke pantai Pandan bisa menguji adrenalin dengan berenang di laut menaiki Banana Boat ataupun Jet Sky.

Pantai Pandan.

5. Pulau Kalimantung

Tak kalah dari objek wisata lainnya, Pulau Kalimantung ini memiliki panorama alam yang begitu mempesona dan masih alami, air jernih kebiruan terhampar sekitar satu hektar. Sementara barisan pohon kelapa terlihat menyatu dengan paparan hutan lebat nan hijau. Perjalanan menuju pulau ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam dari kecamatan Pandan.

Pulau Kalimantung memang eksotis dan terlihat begitu anggun sejauh mata memandang . Snorkling pun menjadi pilihan aktifitas yang menarik. Sungguh keindahan alam yang masih “Alami” gugusan terumbu karang dipenuhi rombongan ikan hias membayang dibalik air laut jernih yang berwarna hijau kebiruan.

Pengunjung Saat Menikmati Pulau Kalimantung. FOTO: Dok/int.

6. Pantai Bosur

Pantai Bosur salah satu pantai nan menawan, berada 1,5 km dari Ibu Kota Tapteng, Pandan. Pantai Bosur menawarkan pemandangan yang menakjubkan yang memiliki fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan pengunjung.

Birunya air lautnya serta semilir angin dan indahnya Sunset saat sore hari, akan membawa kenikmatan tersendiri bagi pengunjung. Pantai yang memiliki areal yang cukup luas. Apalagi lokasinya cukup luas, Anda bisa merendam atau mandi air laut.

Kawasan ini juga asik , dan sangat cocok sebagai tempat berendam atau mandi air laut. Keindahan pantainya begitu asri dan alami. Disepanjang pinggiran pantai ditemukan banyak warga yang berjualan makanan spesifik, berupa ikan “Sambam” (ikan bakar), kelapa muda, sate kerang, peyek udang.

Pantai Bosur. FOTO: Dok/ist.

7. Pantai Kade Tigo Barus

Kabupaten Tapteng memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan susunan pohon kelapa yang semakin melengkapi kesempurnaan Pantai Kade Tigo Barus yang terletak sekitar 60 km dari Pandan Ibu Kota Tapteng.

Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Pantai ini boleh dikatakan, pantai Balinya Tapteng. Garis pantainya membentang luas sejauh mata memandang. Pengunjung dapat memanjakan diri mandi air laut.

Ditempat ini pengunjung sering melakukan terapi air laut dengan menutupi hampir seluruh tubuh dengan pasir putih di tepi pantai yang diyakini dapat menyembuhkan beragam penyakit.

Disisi lain, Anda yang berkunjung pagi hari dapat menyaksikan nelayan “Pukat Tapi” yang menarik ikan hasil jaringannya, dan menjadi ciri khas tersendiri kulinernya. Di tempat ini Anda dapat memesan ikan segar hasil tangkapan nelayan Pukek Tapi untuk menu makanan sesuai selesa Anda.

Selain itu, ada juga kuliner khas di kawasan ini berupa Lemang.

Pantai Kade Tigo Barus. FOTO: Dok_ist.

Demikian 7 tempat wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah yang menarik untuk dikunjungi. Nah, Anda tertarik? Persiapkan diri dari sekarang untuk menikmati wisata serta kuliner khas daerah ini. (ril/snt)

Komentar