Bupati Tapteng Buka Advokasi dan Fasilitasi PUG Bagi Perempuan

  • Whatsapp
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) gelar kegiatan Advokasi dan Fasilitasi Pengarus Utamaan Gender (PUG) bagi Perempuan bertempat di Gedung Binagraha (Aula) Kantor Bupati Tapteng, Jumat (29/6).

Tapteng – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) gelar kegiatan Advokasi dan Fasilitasi Pengarus Utamaan Gender (PUG) bagi Perempuan bertempat di Gedung Binagraha (Aula) Kantor Bupati Tapteng, Jumat (29/6).

Acara ini dibuka Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas Drs. Antonius Simanjuntak didampingi Kepala Dinas PP dan PA Tapteng, Tioprida Sitompul SE.

“Keadilan gender merupakan salah satu aspek penting dan harus direspon dalam setiap aktifitas pembangunan. Hal ini karena gender merupakan salah satu tujuan utama pembangunan global. Semua laki-laki dan perempuan dapat dilibatkan secara optimal dalam peran pembangunan dengan mengedepankan prinsip-prinsip kesetaraan,” kata Bakhtiar dalam sambutannya yang dibacakan Antonius Simanjuntak.

Sebagai salah satu komitmen, maka keadilan gender harus mewarnai setiap kebijakan maupun pelaksanaan pembangunan daerah. Tuntutan itu semakin dirasakan karena keadilan gender dijadikan salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan pembangunan.

“Melalui kegiatan ini, kita harapkan percepatan kesetaraan dan keadilan gender dapat tercapai. Dengan demikian, kedepan kualitas dan peran perempuan dalam pembangunan semakin meningkat demi terwujudnya Kabupaten Tapanuli Tengah yang maju dan sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PP dan PA Tapteng, Tioprida Sitompul SE mengatakan kesetaraan gender ini sudah diorientasikan dalam semua kebijakan dan pelaksanaan pembangunan daerah yang berwawasan gender, yang tertuang dalam Keputusan Bupati Tapteng Nomor 111/PPPA/2018 tentang Pembentukan Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (Pokja PUG) Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2018.

“Berbagai upaya telah dan sedang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dalam membangun kesadaran gender dikalangan aparat pemerintah maupun swasta, salah satunya dengan diselenggarakannya acara sosialisasi pada hari ini,” ujar Tioprida.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kegiatan, Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan dan Kualitas Keluarga Herlina Kusumawaty Panggabean SKM mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia, rumah tangga, masyarakat dan negara khususnya di kabupaten Tapteng.

Kegiatan Advokasi dan Fasilitasi PUG bagi Perempuan ini menghadirkan narasumber dari Dinas PP dan PA Provinsi Sumatera Utara Emmy Suryana Lubis SH MAP dan Dahlia SKM MSi.

Acara ini turut dihadiri perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tapteng. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *