oleh

Matauli Pandan Punya Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan

Tapteng – Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan (STPK) Matauli di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara resmi beroperasi.

Pengoperasian diawali penyerahan izin operasional pendirian yang diberikan Menristekdikti di aula audio visual Matauli Pandan, Sabtu (21/7).

Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Patdono Suwignjo hadir dalam penyerahan ijin itu. Ia mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung tumbuh berkembangnya lembaga pendidikan termasuk STPK Matauli.

Selain perizinan, dukungan juga diberikan dalam bentuk beasiswa Bidikmisi kepada mahasiswa miskin.

“Beasiswa ini tujuannya memutuskan rantai kemiskinan. Keluarga tidak mampu tapi anaknya berpretasi, setiap tahun ada Rp3,3 triliun dan 330 ribu mahasiswa keluarga tidak mampu,” katanya.

Dikatakan, pihaknya berencana memberikan bantuan beasiswa secara tuntas. Yakni uang kos senilai Rp150 ribu dan SPP senilai Rp400 ribu.

“Kalau ada putra putri berprestasi, jangan takut karena pemerintah dan yayasan akan ikut membiayai,” katanya.

Ketua Pembina Yayasan Matauli Akbar Tanjung mengatakan, berdirinya sekolah tinggi tersebut berorientasi meretas kesenjangan pendidikan di Pantai Barat Sumut, terutama di sektor pendidikan tinggi.

Ia berharap, kehadiran SPTK nantinya dapat berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia khususnya di kawasan Pantai Barat Sumut.

“Diharapkan lulusan perguruan tinggi STPK dapat bermanfaat bagi bangsa, khususnya di sektor kelautan di Tapteng,” ujar Akbar.

“Ikan di sini dikenal enak dan gurih, nanti akan disiapkan, agar pak Patdono juga bisa lapor ke Menristek, agar gagasan ini dapat didukung,” timpal Akbar.

STPK memiliki 3 program jurusan, yakni Teknologi Pendidikan Penangkapan Ikan (TPI), Akuakultur (AKU), Budidaya Perairan dan Sosial Ekonomi Perikanan (SEP). Ketiganya merupakam program Strata 1.

Untuk mendukung pembelajaran, STPK bekerjasama dengan Universitas Riau (UNRI) dengan mendapat perbantuan sebanyak 18 Dosen berpengalaman.

Saat ini, STPK Matauli berpredikat Terakreditasi BAN-PT. Sekolah ini akan dipimpin Joko Samiaji sebagai Ketua Sekolah. (dody irwansyah/snt)

Komentar