72 Calon Haji asal Tapteng Ditaburi ‘Boras Sipirni Tondi’

  • Whatsapp
Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani menepung tawari 72 orang calon haji bertempat di Aula rumah dinas bupati Tapteng, Kamis 26 Juli 2018.

Sibolga – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani menepung tawari 72 orang calon haji asal daerah itu. Selain doa, ditandai juga dengan prosesi siraman “aek sitio-tio” dan “boras sipirni tondi”. Acara dilaksanakan di aula rumah dinas bupati di Jalan Kapten M.Sitorus No.4, Simaremare, Kota Sibolga, Kamis (26/7/2018).

Bupati mengatakan, tepung tawar tersebut sebagai penyemangat, kiranya para calon haji diberi kekuatan dalam menjalankan panggilan ibadah ini.

Bacaan Lainnya

“Dengan doa kita bersama, selamat dan sehat berangkat ke tanah suci Mekkah dan sekembalinya ke tanah air menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabrurrah,” ucap bupati seraya juga meminta doa agar pemerintah daerah pun diberikan kebijaksanaan untuk membangun daerah tersebut.

Di kesempatan itu, Kakan Kemenag Tapteng Sarmadan Nur Siregar mengatakan, jamaah calon haji dari Tapteng tahun ini sebanyak 72 orang, diantaranya 27 orang laki-laki dan 45 orang perempuan.

Dikelompokkan dari yang tertua, adalah Halaluddin Sitompul (78) asal Kecamatan Tukka dan Dahraini (72) asal Kecamatan Sorkam. Sedangkan yang termuda yaitu Syahrun Pasaribu (37) yang juga sebagai Ketua DPRD Tapteng beserta istrinya Niar Syahputri Dalimunthe (36) dari Kecamatan Pandan.

Calon haji Tapteng tergabung dalam gelombang II Kloter XII Tapteng, Tapsel dan Medan. Mereka akan diberangkatkan menuju Medan tanggal 1 Agustus 2018. Memasuki asrama di Medan pada tanggal 2 Agustus 2018, selanjutnya tanggal 3 Agustus 2018 diberangkatkan menuju Mekkah.

“Selama 42 hari lamanya calon haji kita meninggalkan Tapteng, dengan rincian 2 hari perjalanan pulang pergi dan 40 hari menunaikan seluruh rangkaian ibadah di Mekkah,” jelas kakan kemenag. (dody irwansyah)

 

Editor: Mora

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *