5 September Pemilihan Kades di Tapteng, 240 Bakal Calon Sudah Mendaftar

  • Whatsapp
Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setdakab Tapteng Ridho S.M.Hutabarat. Foto: istimewa.

Tapteng – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara akan dilaksanakan pada Rabu 5 September 2018 mendatang.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa Setdakab Tapteng Ridho S.M. Hutabarat di Pandan, mengatakan saat ini sudah 240 orang bakal calon kepala desa yang mendaftar.

Bacaan Lainnya

“Nantinya Pilkades serentak berlangsung di 75 desa, 19 kecamatan se-Tapteng,” ujar Ridho Hutabarat, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Fasilitator Kabupaten Tapteng itu.

Ridho menyebutkan, bahwa fasilitator pemilihan kepala desa tingkat Kabupaten Tapteng telah mengantongi sejumlah nama yang terdaftar sebagai bakal calon kepala desa di 75 desa, 19 Kecamatan yang melakukan pemilihan secara serentak.

“Dari berkas pendaftaran yang telah dikumpulkan panitia pemilihan kepala desa (P2KD) tingkat desa, terdapat salah satu desa yang tidak memenuhi persyaratan. Untuk itu, sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Tapanuli Tengah Nomor 249/PEMDES/2018 tanggal 2 Februari 2018, tentang jadwal putaran pemilihan kepala desa, maka pendaftaran calon yang bermasalah akan diperpanjang hingga 2 Agustus 2018, “papar Ridho.

Dia menerangkan, bakal calon kepala desa yang dinyatakan lulus, administrasi akan melaksanakan seleksi calon yang memenuhi persyaratan administrasi tanggal 6 hingga 7 Agustus 2018 yang dilaksanakan di Pandan.

“Adapun seleksi yang dilaksanakan berupa pengetahuan Pancasila, UUD 1945, Bahasa Indonesia, pengetahuan tentang desa, pengetahuan umum dan tes wawancara. Hasil tes tersebut akan diumumkan kepada peserta melalui camat sebagai ketua fasilitator kecamatan,”imbuhnya.

“Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh calon kepala desa agar mempersiapkan diri untuk mengikuti test dimaksud, dan kita berharap seluruh tahapan pilkades sampai hari “H”, dapat terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan tetap kondusif,” tandasnya. (Snt/ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *