oleh

KPU Sibolga Tetapkan 252 DCT Anggota DPRD

Sibolga – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga resmi menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Sibolga sebanyak 252 orang, Kamis 20 September 2018.

Penetapan DCT tersebut tertuang dalam surat Keputusan KPU Kota Sibolga bernomor: 053/HK.01.4-Kpt/1273/Kota/IX/2018, tentang Penetapan Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sibolga Pemilihan Umum tahun 2019.

Ke 252 DCT Anggota DPRD itu akan berkontestasi merebut 20 kursi legislatif.

“Ya benar, SK DCT sudah ditetapkan hari ini. Tadi kita mengundang Partai Politik (Parpol) dan Bawaslu,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sibolga, Salmon Tambunan saat ditemui wartawan.

Salmon menjelaskan, 252 Calon Legislatif (Caleg) dengan rincian, untuk daerah pemilihan (Dapil) I sebanyak 96 Caleg. Dan 156 Caleg di Dapil II.

“Soal keterwakilan perempuan juga terpenuhi,” jelas Salmon.

Tonton Liputan Video Kami di YouTube Smart News Tapanuli

“Di Dapil I dan II serta persentase keterwakilan perempuan sebanyak 101 orang, jumlah ini di atas 30 persen, dan memenuhi syarat. Terinci Dapil I sebanyak 42 orang dan Dapil II sebanyak 59 orang,” urainya.

Disinggung soal 5 orang caleg yang pindah partai, Salmon menjelaskan SK Pemberhentian dari Gubernur memang belum keluar. Pun begitu, ke 5 caleg tersebut sudah menyerahkan pernyataan bahwa Surat Keterangan (SK) mereka belum terbit dari Gubernur Sumut.

“Surat itu dengan menggunakan materai,” terangnya.

Sambungnya lagi, DCT yang telah ditetapkan akan diumumkan secara meluas kepada publik. Pengumuman dengan menempelkan daftar itu dilakukan mulai, Jumat 21-23 September 2018.

“Hal ini dilakukan agar masyarakat juga bisa melihat langsung para calon anggota DPRD nya,” sambungnya.

Tahapan selanjutnya, lanjut pria yang ikut mencalonkan kembali sebagai anggota KPU Sibolga 2018-2023 ini, yakni masa kampanye para caleg dimulai 3 hari sejak masa penetapan atau tanggal 24 September.

“Parpol akan menyurati KPU soal jadwal kampanye dan menyurati rekening dana kampanye. Akan ada Help Desk di KPU agar sistem pelaporan sesuai ketentuan,” pungkasnya. (snt)

Komentar