oleh

Ratusan Pemancing Pesta Strike di Lubuk Larangan Lumut

Tapteng – Sebelum dipanen raya, warga Lingkungan X Kelurahan Lumut, Kecamatan Lumut, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), mengadakan lomba memancing di sungai lubuk larangan Persaudaraan di kampung itu, Minggu 23 September 2018. Ada ratusan pemancing yang mengikuti even tahunan tersebut.

Abdul Haris Simanjuntak selaku kepala lingkungan yang juga panitia penyelenggara mengatakan, even itu untuk mempererat persaudaraan dan silaturahmi bagi masyarakat.

“Kegiatan ini memang rutin digelar setahun sekali. Dan hari ini momen yang tepat untuk merayakan panen raya bersama masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk mengikuti even tersebut, para pemancing diwajibkan membeli tiket dari panitia. Hasilnya guna menambah pendapatan kas desa.

“Lomba dimulai jam 8 pagi dan berakhir jam 5 sore. Harga tiket peserta dari luar daerah kita buat Rp100 ribu, dan pemancing lokal Rp50 ribu, sampai saat ini pemancing yang mendaftar sudah mencapai 300-an orang,” jelasnya.

Sementara itu Madan Pasaribu salah satu pemancing asal Hapesong, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan mengaku sangat antusias mengikuti even ini. Buktinya ia rela datang ke lokasi pada subuh hari. Itu demi mencari lokasi strategis untuk memancing.

“Saya di sini dari jam 5 pagi, dan pemancing lainnya sudah ramai. Nomor urut saya saja sudah 111. Bahkan ada pemancing yang rela datang jam 12 malam hanya untuk mencari lokasi yang strategis,” katanya.

Selama waktu lomba, Madan hanya mendapatkan 3 ekor ikan nila. Itu hasil yang kurang beruntung, sebab banyak pemancing lain yang pesta strike dengan pancing andalan mereka.

“Yah namanya mancing, tergantung nasib. Mulai tadi mancing saya hanya dapat 3 ekor ikan nila. Tidak seberapa dibanding teman-teman yang lain. Tadi ada kawan saya satu kampung dari Hapesong yanf strike ikan bawal besar, ukuran 5 kg ada lah,” jelasnya.

Pantauan di lokasi, para pemancing berhasil strike dengan bermacam-macam jenis ikan. Umpan yang digunakan bervariasi. Ada lontong, jangkrik, cacing, pelet dan jenis lainnya. Ikannya mulai dari nila, bawal, gurami, garing, merah dan ikan mas. (Dody)

Komentar