oleh

Selain Persoalan Listrik, Air Bersih juga Sebelumnya Tak Tersambung ke Rumah Nurdin Lawolo

Sibolga – Selain listrik diputus ke rumah Nurdin Lawolo (96) warga Gg Bagan Kelurahan Pasarbelakang Kecamatan Sibolga Kota, Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), lantaran menunggak 3 bulan. Ternyata air PDAM juga belum tersambung ke rumah Nurdin Lawolo.

Selama ini, Nurdin yang hidup bersama seorang anaknya yang bekerja sebagai abang becak bermotor, hanya berharap belaskasihan dari tetangganya untuk mendapatkan air bersih. Hal itu diketahui dari Bhabinkamtibmas Pasarbelakang, Kota Sibolga, Brigadir Elsa.

“Selama ini belum tersambung air bersih ke rumah Nurdin. Jadi beliau meminta air bersih dari warga sekitar untuk digunakan sehari-hari,” kata Brigadir Elsa, kemarin.

Persoalan hidup yang dihadapi oleh Nurdin Lawolo tak berlangsung lama setelah diketahui Brigadir Elsa. Ia kemudian menyampaikan hal itu ke Kapolsek Sibolga Sambas dan diteruskan ke Kapolres Sibolga AKBP.Edwin Hatorangan Hariandja.

“Setelah mendapat arahan dari pimpinan, maka bersama Kapolsek Sibolga Sambas kami upayakan memasukkan penerangan listrik ke rumah pak Nurdin. Dan sudah terealisasi dengan pemasangan token listrik pada September 2018,” tutur Elsa.

Lanjut Elsa, sambungan air PDAM ke rumah Nurdin Lawolo juga telah tersambung. “Sudah, sudah tersambung air PDAM ke rumah pak Lawolo. Sesuai arahan dari pimpinan. Sudah terssambung air bersih ke rumah beliau,” tuturnya.

Tak cukup sampai disitu, melihat kondisi rumah Nurdin Lawolo yang memprihatinkan. Polres Sibolga kemudian membedah rumah berukuran sekitar 4×7 meter tersebut.

Kondisi Rumah Nurdin Lawolo yang Dibedah. (FOTO: Rabu, 10 Oktober 2018_istimewa)

Kapolres Sibolga mengatakan sebelum rencana bedah rumah itu, ia terlebih dahulu turun ke lokasi melihat kondisi rumah Nurdin.

“Setelah kita lihat, memang kondisi rumah pak Nurdin Lawolo memang layak untuk dibedah,” ujar Edwin Hariandja, Selasa 9 Oktober 2018.

Sementara itu, kondisi rumah Nurdin Lawolo hari ini sudah dibongkar secara keseluruhan. Artinya, rumah kakek tua yang udah duda itu di rehab total.

“Kalau dilihat kualitas bangunan rumah itu, hanya sedikit lagi yang bisa digunakan. Karena memang sudah banyak bangunannya yang lapuk,” ujar Kasubbag Humass Polres Sibolga, Iptu.R.Sormin, dalam pesan tertulis WhatsApp, Rabu 10 Oktober 2018.

Sementara itu, Nurdin Lawolo sendiri, masih menumpang di rumah warga sekitar menunggu bedah rumah selesai. (snt)

Komentar