Ratusan Pelajar SMPN 1 Pandan Datangi Kantor Disdik, Wabup Tapteng: Ini Pasti Ada Dalangnya

  • Whatsapp
Wabup Tapteng Darwin Sitompul saat memebrikan keterangan kepada wartawan menanggapi aksi ratusan pelajar SMP N 1 Pandan ke Kantor Dinas Pendidikan Tapteng. (Foto: snt)

Tapanuli Tengah – Aksi ratusan pelajar SMP Negeri 1 Pandan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, Rabu (6/3/2019), dinilai ada yang mendalangi dari pihak guru.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul kepada wartawan usai aksi para pelajar tersebut.
Menurut Darwin, tidak mungkin terjadi aksi seperti itu tanpa ada yang menyuruhnya.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Darwin menyebut pihaknya sedang menyelidiki siapa dalang terkait aksi para siswa tersebut, dan jika nanti diketahui oknum guru yang mendalanginya maka akan dipindahkan ke daerah yang jauh.

“Jika dapat nanti, maka guru yang menjadi dalangnya akan saya pindahkan lebih jauh lagi ke Saragih sana (desa yang berbatasan dengan Aceh). Masa anak-anak dibawa aksi,” katanya dengan nada kesal usai keluar dari ruangan Dinas Pendidikan Tapteng, Rabu (6/3/2019).

Sambungnya lagi, terjadinya perpidahan guru karena Dinas Pendidikan sedang melakukan pemerataan, karena banyak guru di kecamatan yang berstatus honor lebih banyak dari guru PNS, sementara di perkotaan jumlah guru PNS nya menumpuk.

“Pemerataan itu terjadi di setiap sekolah yang ada di Tapteng ini. Dan mutasi ini tidak ada karena unsur politik dan kepentingan lainnya, murni karena pemerataan guru,” katanya.

Dia juga meminta kepada guru-guru, jika merasa ada yang salah dalam mutasi tersebut, agar mendiskusikannya secara baik-baik tanpa harus memprovokasi siswa untuk melakukan aksi.

Hingga saat ini, belum ada diperoleh keterangan resmi dari Dinas Pendidikan Tapteng terkait aksi para pelajar SMP Negeri 1 Pandan itu.

Namun sebelumnya, seorang siswi SMPN 1 Pandan kelas IX kepada wartawan menyebut, bahwa aksi yang mereka lakukan menyikapi adanya pemutasian lima orang guru di sekolah mereka. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *