oleh

Pemerintah Bangun Bandara Baru di Sumatera Utara

SmartNews – Pemerintah Indonesia akan membangun bandara baru di Sumatera Utara, tepatnya di daerah Kabupaten Labuhan Batu.

Pembangunan akan dimulai pada akhir tahun 2019. Dengan demikian, provinsi ini, akan memiliki 9 bandara yang beroperasi.

Terkait rencana pembangunan bandara itu, Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, meninjau lahan untuk membangun Bandara di Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, pada Kamis (4/4/2019).

“Tapi, Kalau yang ini (pembangunan bandara tersebut) saya pikir kita harus mulai tahun ini, akhirlah. Supaya bisa jalan,” kata Luhut kepada wartawan.

Menurut Luhut, untuk tahap awal, bandara ini ditargetkan didarati oleh pesawat ATR. Dengan proses pembangunan Bandara bisa dilandasi Pesawat Boeng 737 untuk melayani rute penerbangan ke berbagai daerah di Indonesia.

Bandara Labuhan Batu rencananya dibangun di atas lahan seluas 150 hektare. Lokasinya berada di atas lahan perkebunan kelapa sawit PTPN 3 Aek Nabara Selatan, Kecamatan Bilah Hulu. Pembangunan bandara tersebut, dilakukan secara bertahap.

Dalam rentang 10 tahun setelah pembangunan selesai, fasilitas itu diharapkan berkembang dengan mampu menampung penumpang dengan jumlah besar.

Baca Juga :
Awas! Ada Kabel Listrik Menyentuh Pagar di Pinangsori

“Jadi kita mau rencana supaya nanti 10 tahun ke depan supaya (Boeing) 737 bisa mendarat di sini. Jadi kalau yang pertama nanti ATR, terus nanti berkembang sampai nanti dalam 10 tahun harus bisa (Boeing) 737,” ujar Luhut.

Luhut mengatakan, Labuhan Batu layak memiliki bandar udara. Selain persoalan jarak yang jauh dari ibu kota provinsi Sumut, yakni Kota Medan, wilayah itu juga menyimpan potensi besar. Dengan itu, daerah tersebut layak memiliki bandara.

“Karena saya pikir daerah ini termasuk salah satu tempat sumber sawit terbesar di Indonesia. Dan juga jarak ke Medan jauh,” terang Luhut.

Jarak Kabupaten Labuhan Batu ke Medan sekitar 300 kilometer. Waktu tempuh perjalanan darat antara kedua daerah ini memakan waktu 7 hingga 8 jam.

Di Sumut sendiri sudah memiliki 8 Bandara, yakni Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Bandara Silangit di Kabupaten Tapanuli Tengah, Bandara Dr Ferdinand Lumbang Tobing, di Kabupaten Tapanuli Tengah, Bandara Sibisa di Kabupaten Toba Samosir.

Kemudian, Lasondre Airport di Kabupaten Nias Selatan, Bandara Binaka, Kota Guntung Sitoli, Bandara Aek Godang, di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Baca Juga :
Menko Luhut: Jaga Kelestarian Lingkungan KSPN Danau Toba

Dan, Bandara Polonia, sekarang menjadi Lanud Soewondo TNI AU. Namun, bandara di Kota Medan itu, untuk pesawat ditumpangi tamu VVIP. (viva)

Loading...

Komentar