5 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Lagi

  • Whatsapp
Beberapa makanan yang tidak baik jika dipanaskan kembali. (Foto: Pixabay)

SmartNews – Jika makanan yang tidak habis akan disimpan dan dipanaskan untuk dikonsumsi kemudian. Tentu hal itu biasa dilakukan. Beberapa makanan juga akan dipanaskan lagi agar tidak cepat basi.

Namun sayangnya makanan yang dipanaskan kembali seringkali berisiko mengandung sifat karsinogenik yang akhirnya meracuni tubuh dan di kemudian hari dapat memicu perkembangan penyakit, seperti kanker.

Dilansir laman detikHealth, Senin (8/4/2019) agar tidak terjadi hal demikian, berikut sumber beberapa makanan yang seharusnya tidak dipanaskan kembali.

Ayam

Siapa nih yang suka masak ayam banyak kemudian dipanaskan kembali keesokan harinya? Sayangnya ayam yang dipanaskan berulang akan menyebabkan perubahan komposisi protein, padahal ayam merupakan sumber protein yang cukup besar.

Makanan yang kaya akan protein saat dipanaskan kembali dapat menyebabkan masalah pencernaan. Hal itu dikarenakan makanan tersebut mengalami denaturasi (sebuah proses di mana protein atau asam nukleat kehilangan strukturnya.

Bayam

Percaya tidak percaya, bayam tidak seharusnya dipanaskan kembali setelah dimasak. Bayam merupakan sayuran yang mengandung nitrat cukup banyak nitrat, dan jika dipanaskan berulang nitrat akan dikonveksi menjadi nitrit. Bahayanya, nitrit bersifat karsinogenik atau yang dapat menyebabkan kanker.

Nasi

Nasi adalah makanan utama yang selalu ada, dan juga makanan yang mungkin paling sering dipanaskan. Beras mentah biasanya mengandung spora Bacillus cereus yang tidak mati meskipun sudah dimasak. Saat nasi matang dan dibiarkan mendingin di suhu ruangan, bakteri tersebut bisa bertambah banyak dan menyebabkan keracunan.

Jadi jika sudah dimikian, nasi yang dipanaskan berkali-kali pun tidak akan membunuh bakteri-bakteri yang ada di dalamnya. Apalagi membiarkannya terus menerus di dalam suhu runagan.

Kentang

Siapa yang suka memanaskan kembali kentang? Sebaiknya jangan dilakukan ya, karena kentang adalah makanan kaya akan tepung yang saat dipanaskan kembali akan meningkatkan pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan keracunan.

Telur

Makanan yang praktis dibuat yaitu telur, bisa digoreng maupun direbus atau dikukus. Tapi pernah kah kamu memanaskannya kembali setelah dimasak? Sebaiknya jangan dipanaskan kembali ya, karena protein yang terkandung dalam telur akan hancur setelah terkena panas berulang-ulang. Dan yang lebih parah dapat menyebabkan keracunan. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *