Dulu Rusak Parah, Sekarang Sudah Mulus

  • Whatsapp
Pembangunan Lapisan Penetrasi (Lapen), di dusun I dan dusun II, Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) sedang dikerjakan dengan melibatkan warga setempat. (foto: dok st)

SmartNews, Tapteng – Pembangunan Lapisan Penetrasi (Lapen), di dusun I dan dusun II, Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) sedang dikerjakan dengan melibatkan warga setempat.

Sejumlah warga, Toga Uruk Sihotang (71), Undang Sihombing (65) dan Dolok Tarihoran (55), ketika di temui awak media di lokasi pekerjaan, Sabtu (1/6/2019) menyambut baik karena pemerintah mengalokasikan anggaran dana desa.

Bacaan Lainnya

“Kami sangat bersyukur, sebab jalan yang mengalami rusak parah selama ini telah diperbaiki, dan kini jalan tersebut sudah mulai mulus,” sebut mereka.

Hal senada juga disampaikan sejumlah ibu rumah tangga yakni, Hotmarlina Br.Simanjuntak (34), Rista Zebua (24), Doharni Br.Pinayungan (44) dan Esmina Br.Manalu (60).

Ibu rumah tangga yang mayoritas berprofesi sebagai petani mengaku sering melintas dari lokasi pekerjaan jalan ke ladang persawahan mereka selama ini. Kini mereka sudah sangat terbantu karena kondisi jalan yang sudah mulus.
Selama ini kata para ibu rumah tangga itu, jalan di dusun II Desa Manduamas Lama, kondisinya sangat parah.

Dampaknya sangat susah dilintasi sepeda motor dan roda empat, karena medannya cukup terjal.

“Jadi setelah diperbaiki, jalan tersebut kini sudah mulus, warga yang pergi ke ladang tidak merasa enggan lagi lewat dari daerah tersebut,” ungkap mereka.

Kepala Desa Manduamas Lama (Mandala), Kecamatan Manduamas, Tapteng, ketika dikonfirmasi awak media ini di lokasi pekerjaan jalan menjelaskan, sebelum kegiatan fisik dikerjakan, lebih awal dilaksanakan Musyawarah Desa (MD) Pra Pelaksanaan.

Selain itu juga, dia menghadirkan aparat desa serta warga di kantor kepala desa manduamas lama untuk memberitahukan jenis kegiatan dan anggaran fisik kegiatan yang sudah digulirkan pemerintah ke desa tersebut, serta mengajak masyarakat untuk bergandengan tangan untuk membangun daerahnya.

Dia menjelaskan, usai MD-Pra Pelaksanaan, selanjutnya masuk ke jenjang pembangunan fisik di lapangan sebagaimana pada Rencana Anggaran Biaya (RAB) Dana Desa (DD) pada TA.2019, dengan jenis kegiatan pengaspalan lapisan penetrasi di dua titik, yaitu di dusun II, Desa Manduamas Lama (Mandala), Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), dengan jenis kegiatan fisik pembangunan, perkerasan lapisan penetrasi (Lapen) dengan volume kegiatan, 3 meter x 183 meter dan pagu dana dianggarkan sebesar Rp.209.088.000.

Pembangunan lapisan penetrasi (Lapen) di dusun I, Desa Manduamas Lama dengan volume kegiatan sepanjang, 3 meter x 200 meter dengan pagu dana sebesar Rp.228.523.000. (st)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *