Kadis Kesehatan Tapanuli Tengah Doakan Calhaj dan Serahkan Souvernir

  • Whatsapp

SmartNews, Pandan – Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah melakukan pembinaan serta serahkan souvenir kepada 85 Jamaah Calon Haji (Calhaj) tahun 1440 H/2019 M di Masjid Al Muslimin Pandan usai acara Manasik Akbar, Kamis (20/6/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Nursyam dalam sambutannya berharap para Calhaj tetap menjaga kesehatan.

Bacaan Lainnya

“Semoga sesampainya di Tanah Suci Mekah dan sepulangnya dalam keadaan sehat,” ujar Nursyam.

Nursyam juga mendoakan para Calhaj menjadi Haji yang Mabrur dan Hajjah yang Mabruroh.

“Semoga sampai di Tanah Suci Mekah dan sepulangnya ke tanah air dalam keadaan sehat,” ujar Nursyam.

Tujuannya untuk memberikan pembinaan meliputi masa keberangkatan Calhaj.

Pembinaan awal adalah masa tunggu dan pemeriksaan kesehatan, tahap dua telah dilaksanakan sebelumnya sejak bulan Januari.

“Selain memberikan penyuluhan kepada Calhaj, kegiatan ini juga bertujuan untuk membina Calhaj tentang apa saja yang akan mereka jaga dan penuhi supaya tetap sehat sebelum, saat keberangkatan, maupun sekembalinya dari tanah suci Mekah,” jelasnya.

Souvernir yang diserahkan kepada 85 Calhaj berupa handuk, masker.

“Jadi kepada para Calhaj sesuai dengan himbauan yang kita sampaikan agar tidak melepas masker selama di Mekah, kecuali pada kegiatan tertentu. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit. Souvenir lainnya yang diberikan adalah semprot wajah supaya terjaga kelembabannya, apalagi pada suhu yang lumayan panas disana,” imbuhnya.

Souvenir Handsanitizer juga diserahkan, fungsinya untuk cuci tangan saat mau makan yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Tapanuli Tengah.

“Seluruh Jamaah Calhaj yang berangkat, sudah kita bekali terkait kesehatan. Kita juga sudah berikan suntikan vaksin meningitis dan tambahan vaksin influenza. Nanti pada saat keberangkatan, kita tim dinas kesehatan juga ikut mendampingi jamaah sampai masuk ke asrama haji di Medan dan sampai jamaah berangkat ke Mekah,” paparnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *