Study Banding ke Sumbar, Bupati Tapteng: Bukittinggi Sangat Keren

  • Whatsapp
Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani saat Memaparkan Sekilas Tentang Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Dihadapan Walikota Bukittingi. (foto: dok istimewa)

SmartNews, Bukittinggi – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani terus berupaya untuk mengembangkan sektor keparawisataan di daerah Tapteng. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan study banding ke daerah yang telah maju di bidang pariswisata.

Bacaan Lainnya

Bersama Wakilnya Darwin Sitompul bersama sejumlah anggota DPRD dan Pimpinan OPD Pemkab Tapteng, study banding dilaksanakan ke daerah Bukittinggi, Sumatera Barat.

Kehadiran Bupati Bakhtiar bersama rombongan disambut Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias bersama Wakilnya Irwandi, Sekretaris Daerah dan Pimpinan OPD Pemko Bukittinggi.

Pertemuan diadakan di ruang rapat kantor walikota Bukittinggi, Rabu (27/6/2019).

Mengawali sambutannya, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani memaparkan kedatangannya bersama rombongan yang ingin mangadopsi atau study banding atas keberhasilan yang diraih Kota Bukittingi di sektor pariwisata.

“Bukittinggi sangat keren, sangat indah, dan bersih. Kami ingin belajar dari Pemerintah Kota Bukittinggi ini. Pembangunan di sini semakin bagus. Nilai sesuatu bisa naik karena adanya obyek untuk menaikkannya. Walikota Bukittinggi juga sosok Pemimpin yang energik,” kata Bakhtiar.

Di kesempatan itu, Bakhtiar juga menjelaskan sekilas tentang Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Daerah kami itu adalah tempat pertama masuk Islam di Nusantara, tepatnya di Kecamatan Barus. Di sana ada makam sahabat-sahabat Rasulullah, disana juga ada Aulia. Kami ada pulau di tengah laut dengan air terjun langsung ke laut. Ada juga kapur barus dari Barus. Satu-satunya produksi yang ada di dunia, yaitu adanya kapur barus. Tapanuli Tengah juga memiliki banyak obyek wisata yang indah. Mata pencaharian sebagian besar masyarakat Tapanuli Tengah adalah nelayan dan pertanian. Di Tapanuli Tengah ada 4 perusahaan kelapa sawit. Kami merasa bangga bisa hadir di sini. Saya berharap silaturahim ini tetap terjaga. Kami berharap Walikota dan rombongan nantinya dapat berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Tengah,” papar Bakhtiar.

Bakhtiar juga mengapresiasi keberhasilan Kota Bukittinggi dalam membangun.

“Untuk itulah kami datang dan di kesempatan ini ingin belajar atas keberhasilan yang diraih Kota Bukittinggi dalam memajukan potensi unggulan daerah, khususnya sektor pariwisata dan meningkatkan PAD,” tuturnya.

Mengawali sambutannya, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengapresiasi kerja keras Bupati Tapteng yang masih muda dan energik dalam memajukan daerahnya.

Ramlan juga bercerita sekilas tentang Kota Bukittinggi. Menurutnya, pengelolaan potensi daerah khususnya sektor pariwisata, jasa dan perdagangan, dan kisah sukses (success story) keberhasilan Kota Bukittinggi tidak lepas dari terciptanya keamanan, kenyamanan, dan kebersihan.

“Hal itu sangat penting dalam meningkatkan daya saing pariwisata Kota Bukittinggi. Di daerah ini tidak kami izinkan keberadaan Pub dan Diskotik, karena mencegah potensi bahaya kriminal dan dampak negatif sosial lainnya,” kata Ramlan.

“Kami berharap ke depan, promosi pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah dan sektor unggulan lainnya semakin kuat, sehingga semakin banyak investasi sektor pariwisata dan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Tengah,” imbuhnya. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *