oleh

15 Ciri-ciri Orang Hamil yang Wajib Diketahui

SmartNews – Hamil merupakan sebuah tahap yang dinanti-nanti oleh pasangan baru. Banyak perempuan yang baru pertama kali hamil tidak mengetahui ciri-ciri hamil.

Biasanya kamu akan menggunakan test pack sebagai tanda untuk mengetahui hamil atau tidaknya. Bunda juga dapat mengetahui tanda-tanda kehamilan dari ciri di bawah ini:

1. Tidak Menstruasi

Tidak munculnya menstruasi atau haid menjadi tanda yang paling umum. Ketika hamil, produksi hormon progesteron akan mempertahankan lapisan rahim. Hal ini yang membuat menstruasi tidak muncul karena lapisan rahim tidak lagi dilepaskan.

2. Membesarnya Payudara

Terjadinya kehamilan akan membuat payudara akan membesar karena meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron. Payudara juga terasa semakin lembut dan membuat rasa sensitif yang lebih tinggi hingga muncul nyeri saat dipegang.

Puting susu juga membesar dan warnanya akan semakin gelap. Pembuluh vena pada payudara juga akan terlihat karena penegangan pada payudara.

3. Munculnya Flek dan Kram Perut

Tanda kehamilan selanjutnya yaitu akan muncul bercak darah atau flek yang disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Banyak yang mengira munculnya bercak sebagai tanda munculnya menstruasi.

Biasanya flek akan diiringi dengan rasa kram perut. Kram perut akan terjadi secara teratur dan berlanjut hingga kehamilan trimester kedua. Hal ini terjadi sampai letak uterus posisinya berada di tengah dan disangga oleh panggul.

4. Mual

Ciri-ciri orang hamil 1 minggu pertama biasanya akan merasa mual yang kadang disertai muntah. Ini terjadi karena berkaitan dengan hormon kehamilan. Biasanya kamu akan merasakan mual di pagi hari.

5. Mood yang Mudah Berubah

Kehamilan dapat membuat kamu dengan mudah mengubah raut wajah karena mood yang tidak teratur. Kamu bisa saja tiba-tiba menangis tersedu-sedu saat menonton film. Perubahan kadar hormon yang belum stabil menjadi faktor penyebab mood ibu hamil mudah berubah.

6. Mudah Lelah

Ibu hamil akan mudah merasa lelah yang berlebih. Hal ini disebabkan dari perubahan hormon dan akibat kinerja organ-organ vital yang membantu pertumbuhan janin.

7. Indra Penciuman yang Sensitif

Hamil muda akan membuat penciuman kamu akan lebih sensitif. Kamu akan mudah mencium bau-bau yang tidak sedap yang dapat menimbulkan rasa mual.

8. Detak Jantung Meningkat

Detak jantung pada ibu hamil akan meningkat dari biasanya. Meningkatnya detak jantung disebabkan karena jantung lebih banyak memompa darah yang dialirkan pula ke bayi melalui plasenta.

9. Sering Buang Air Kecil

Keinginan untuk buang air kecil akan meningkat dari biasanya pada masa kehamilan. Hal ini disebabkan oleh janin yang tumbuh menekan kandung kemih yang membuat kamu lebih sering buang air kecil.

10. Sakit Pinggang

Sebagian ibu hamil akan merasakan sakit pinggang di bagian bawah. Sakit pinggang ini akan berlanjut selama kehamilan seiring penambahan berat badan dan perubahan postur tubuh.

11. Sulit Buang Air Besar (BAB)

Ciri-ciri hamil juga dapat membuat kamu sulit buang air besar. Kendurnya otot dinding usus menjadi penyebab sulitnya dan kacaunya jadwal BAB.

12. Munculnya Ngidam

Ciri-ciri orang hamil yang akan dirasakan adalah ngidam. Kamu akan menginginkan sesuatu makanan yang sangat spesifik dan tidak biasa. Munculnya rasa mual akan membuat kamu lebih memilih makanan karena sensitif terhadap bau atau aroma tertentu.

13. Bobot Naik

Ciri-ciri orang hamil dapat dilihat dari perubahan bobot dan menonjolnya perut. Memang bentuk perut ibu hamil pada minggu pertama tidak begitu kelihatan. Tetapi perubahan demi perubahan akan terlihat seiring waktu, berat badan pun juga akan mengalami kenaikan.

14. Perubahan Pada Kulit

Meningkatnya volume darah dan hormon pada saat hamil, akan menyebabkan darah lebih banyak mengalir di pembuluh darah. Kulit akan tampak lebih merah dan bercahaya, bahkan bisa membuat kulit lebih mudah berjerawat.

15. Naiknya Suhu Basal

Kehamilan juga dapat membuat meningkatnya suhu basal. Suhu basal adalah suhu pada saat tubuh beristirahat. Suhu basal ini akan meningkat selama terjadinya masa kehamilan.

Itulah 15 ciri-ciri orang hamil yang harus Bunda ketahui. Ciri-ciri ini tidak menjamin semua ibu hamil akan mengalami hal yang sama. Semua akan berbeda sesuai dengan kondisi tubuh dan hormon yang dimiliki.

Sumber: detikcom

Loading...

Komentar