Tinjau Lokasi Banjir di Pondok Batu, Bakhtiar: Bukan Persoalan Sungai Saja, Tapi Ada Bangunan Rumah Di Situ!

  • Whatsapp
Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani Tinjau Lokaasi Banjir di Pondokbatu, Kecamatan Sarudik, Tapanuli Tengah, Selasa malam 27 Agustus 2019.

SmartNews, Tapteng – Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani meninjau lokasi pemukiman warga yang terendam banjir di Kelurahan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Selasa malam (27/8/2019).

Dengan berjalan kaki, Bupati Bakhtiar mengenakan topi, jaket serta sepatu karet, menelusuri lokasi banjir. Di lokasi, dia berinteraksi dengan warga untuk mencari tahu, apa sebenarnya pokok persoalan, sehingga daerah itu menjadi langganan banjir setiap hujan deras.

Bacaan Lainnya

Kepada SmartNews, Bakhtiar mengungkapkan bahwa Pemkab Tapteng sudah pernah melakukan normalisasi sungai Sarudik untuk mengembalikan fungsi sungai tersebut dengan baik jika terjadi hujan deras.

“Dulu kan sudah kita korek. Yang jelas masyarakatnya sudah kita kasih waktu pindah dari situ, karna ada aliran sungai yang makin menyempit lantaran ada beberapa bangunan rumah dibangun di situ. Jadi bukan hanya persoalan sungai saja,” tegas Bakhtiar.

Untuk itu, Bakhtiar minta agar bangunan rumah yang berada di atas sungai tersebut, segera dibongkar oleh pemiliknya, sehingga Pemkab Tapteng akan kembali melakukan normalisasi aliran sungai Sarudik.

“Kita kasih waktu seminggu, besok (hari ini,red) saya akan ke sana lagi untuk melihat lokasi aliran sungai dan para korban banjir,” katanya.

Hujan lebat mengguyur daerah Tapanuli Tengah sejak Selasa sore (27/8/2019) hingga malam, mengakibatkan sungai Sarudik meluap dan merendam ratusan rumah di Kelurahan Sarudik.

Selain itu, ada ratusan rumah warga di tiga kelurahan lainnya yang turut direndam banjir diakibatkan meluapnya sungai Sibuluan, yakni di sebagian Kelurahan Sibuluan Indah, Sibuluan Nalambok, dan Lubuk Tukko.

Bahkan akibat guyuran hujan deras, jalan Sibolga Tarutung Km 7,2 Sitahuis sempat lumpuh total akibat tertimbun longsor berupa tanah, batu dan pohon yang tumbang. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *