Langkah Awal Cegah ISPA, BPBD Tapteng Turun ke Jalan Bagi Ribuan Masker

kabutuu
BPBD Tapteng Bagi RIbuan Masker Gratis Dampak Kabut Asap. (Foto: Istimewa)

SmartNews, Pandan – Kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan yang menyelimuti Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara (Sumut), dikhawatirkan akan berdampak kepada kesehatan. Untuk itulah, cara pencegahan timbulnya penyakit dampak kabut asap tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapteng membagikan tiga ribu masker gratis kepada masyarakat, Minggu (22/9/2019).

Menurut Plt. Kepala BPBD Tapteng, Safaruddin Ananda Nasution, mengatakan, pihaknya membagi masker tersebut atas instruksi Bupati Tapteng.

Bacaan Lainnya

“Selain masker, kita juga membagikan air mineral, serta menyampaikan imbauan terkait situasi asap yang ditimbulkan oleh karhutla,” kata Safaruddin.

“Pembagian masker dan air mineral itu kita laksanakan di tiga lokasi yakni, di Jalan Sibolga-Padangsidimpuan mulai dari Simpang Lampu Merah Pandan, di sekitar Lubuk Tukko, dan sekitar Simpang menuju SMAN Matauli Pandan, tepatnya depan Trans Continent,” jelas dia, yang turut mengkoordinir pembagian masker tersebut.

Menurutnya, pembagian masker tersebut sebagai langkah awal mencegah penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ispa) terhadap masyarakat.

“Kita juga mengimbau masyarakat untuk memakai masker saat berada di luar rumah maupun gedung. Juga, saat keluar rumah, agar memakai kacamata dan memperbanyak minum air putih. Selain itu, masyarakat juga kita imbau agar tidak membakar lahan, jangan membakar sampah sembarangan, seperti di pekarangan sekitar kebun dan hutan. Tingkatkan kewasdapaan agar jangan sampai terjadi karhutla akibat kelalaian,” imbuhnya. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *