Pembangunan Rabat Beton di Desa Janji Maria Suka Bangun Selesai Dikerjakan

  • Whatsapp
Foto: Pembangunan Rabat Beton di Desa Janji Maria, Kecamatan Suka Bangun, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Sudah Selesai. (dokumentasi)

SmartNews, Tapteng – Pembangunan rabat beton sepanjang 280 meter di Desa Janji Maria, Kecamatan Suka Bangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut) sudah selesai dikerjakan pada pertengahan Oktober 2019.

Kepala Desa Janji Maria, Saut Halomoan Sinaga kepada SmartNews, Sabtu (26/10/2019) menjelaskan, pembangunan rabat beton tersebut mulai dikerjakan pada awal Juni 2019 lalu. Lokasi pembangunan rabat beton itu berada di dusun I Desa Janji Maria.

Bacaan Lainnya

Dia menyampaikan alasan, kenapa lokasi tersebut menjadi objek pembangunan rabat beton. Sebab, di lokasi itu memang sudah sangat dibutuhkan masyarakat agar ada akses jalan menuju kebun, sekaligus menuju tempat pemakaman umum (TPU).

Saut Halomoan menambahkan, sebelum rabat beton itu dibangun, tidak ada akses jalan bagi warga menuju kebun dan TPU tersebut.

“Selama bertahun-tahun warga harus melintasi semak belukar untuk sampai ke kebunnya. Ironisnya lagi, apabila ada warga yang meninggal, untuk mengantar jenazahnya ke TPU tersebut, selama ini warga harus menerobos semak belukar yang sebagian berduri,” kata Saut Halomoan.

“Sudah lama kali kondisinya begitu. Jadi, saya lah yang mencetuskan untuk dilakukan pembangunan rabat beton itu, dan kemudian diterima oleh masyarakat. Selanjutnya, kita diusul dalam rencana kerja pembangunan (RKP) desa tahun 2019,” papar Saut.

Selain itu tambahnya, juga dilakukan pembangunan saluran pasangan sepanjang 65 meter, dan saluran drainase tanah sepanjang 400 meter. “Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya banjir,” jelas kepala desa dua periode itu.

Katanya lagi, akses jalan di desa itu juga selama ini sangat dibutuhkan penerangan jalan.

Foto: Kepala Desa Janji Maria, Saut Halomoan Sinaga dan Istri. (dok)

“Jadi, kita juga telah membuat lampu penerangan jalan umum (LPJU) sebanyak 7 unit,” jelasnya.

“Selain itu, masih banyak lagi yang sudah kita bangun di desa ini. Sumber anggarannya dari dana desa tahun 2019. Semua itu tentu untuk kemajuan Desa Janji Maria. Untuk masyarakat,” pungkasnya.

Terpisah, Murni Purba salah satu pekebun, mengaku sangat bersyukur dan berterimakasih atas adanya pembangunan rabat beton menuju kebun mereka di desa itu.

“Ya sangat berterimakasih lah pak. Bayangkan selama ini kami tak ada jalan menuju kebun. Sekarang sudah ada, pastilah kami sudah gak seperti dulu lagi yang harus melewati semak belukar menuju kebun. Saat ini sudah enaklah melintasi jalan yang dibuat rabat beton ini,” ungkap Murni.

Warga lainnya, Jannen Aritonang mengaku juga berterimakasih atas adanya lampu penerangan jalan yang dibangun.

“Senanglah pak, kalau kita jalan di malam hari pun sudah nyaman karena ada penerangan jalan. Terimakasih sama pemerintah,” ucap Jannen. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *