oleh

Beberapa Ekor Babi Mati di Sarudik

SmartNews, Sarudik – Polisi merilis adanya ternak babi milik warga di Kelurahan Pasir Bidang, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut) yang ditemukan mati, beberapa hari terakhir.

Berdasarkan keterangan tertulis Kapolres Tapteng, AKBP Sukamat melalui Kasubbaghumas, Iptu Rensa Sipahutar, menjelaskan, penemuan babi yang mati tersebut di Lingkungan VII, Kelurahan Pasir Bidang, Kecamatan Sarudik.

“Namun sebagian babi yang mati itu dibuang ke laut oleh pemiliknya,” ujar Iptu Rensa.

Menurut Rensa, petugas dari Puskesmas Sarudik, Camat serta kepolisian dan dari Dinas Peternakan turun melakukan pendataan terhadap ternak babi yang mati tersebut, Sabtu (16/11/2019).

“Hasil yang didapat, babi yang mati di Lingkungan VII, Kelurahan Pasir Bidang, Kecamatan Sarudik, sebanyak 4 ekor milik warga. Selanjutnya pada Senin (11/11) 1 ekor babi mati, bangkainya dibuang ke laut, pada Selasa (12/11) ada 2 ekor, bangkainya juga dibuang ke laut,” terang Rensa.

“Kemudian pada, Rabu (13/11) ada juga babi yang mati, bangkainya dibuang ke laut. Menyusul pada, Jumat (15/11) 2 ekor babi juga mati yang bangkainya dibuang ke laut. Kebetulan lokasi rumah pemiliknya berada di atas laut,” jelas Rensa.

Baca Juga :
Mobil Terjebak di Batu Lubang, Lihat yang Dilakukan Sopir, Tonton Videonya

Selain itu, tambah Rensa, ada juga 1 ekor babi sebelum mati dijual oleh pemiliknya pada, Selasa (12/11).

“Tim yang turun melakukan pendataan ke lokasi mengimbau warga peternak, apabila babi mati agar ditanam dan tidak dibuang ke laut,” ujarnya.

Sambungnya lagi, Dinas Pertanian dan Peternakan Tapteng, Drh Leni yang melakukan penyuntikan vaksin terhadap babi di lokasi.

Sayangnya, belum disampaikan penjelasan lebih lanjut, apakah ternak babi yang mati tersebut akibat serangan virus kolera. (red)

Loading...

Komentar