Program Pertanian di Humbahas Terkesan Suam-suam Kuku

  • Whatsapp
Foto: Normauli Simarmata saat membacakan pandangan fraksi NasDem dalam paripurna DPRD atas pembahasan RAPBD Humbahas TA 2020. (and)

SmartNews, Dolok Sanggul – Keseriusan Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) dalam mengembangkan pertanian di daerah itu patut diapresiasi. Terbukti dalam periode jabatannya, terdapat berbagai program pertanian yang terus digalakkan yakni, penanaman jagung, cabe, padi gogo, kentang, bawang merah dan bawang putih.

Namun sejauh ini, buah dari program tersebut belum menunjukkan hasil yang signifikan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Fraksi NasDem DPRD Humbahas, melalui Normauli Simarmata dalam pemandangan umum fraksi terhadap nota pengantar bupati atas Ranperda APBD TA 2020, di Gedung DPRD Humbahas, Selasa (19/11/2019).

Dalam pengembangan pertanian di daerah itu, fraksi NasDem dalam kesempatan itu mempertanyakan keseriusan pemerintah. Sebab ada kesan program tersebut hanya suam-suam kuku.

Sementara dalam bidang infrastruktur, fraksi NasDem minta Pemkab Humbahas melakukan pemerataan pembangunan. Dimana kondisi saat ini, sepanjang 16 kilometer jalan desa Saitnihuta, Dolok Sanggul dan jalan desa Boandolok, Sijamapolang mengalami rusak berat dan butuh perhatian. Sebab kondisi jalan tersebut sudah mengganggu aktivitas masyarakat dalam berlalulintas.

Fraksi ‘Gede’ (Gerindra-Demokrat) melalui Mora Tua Gajah, lebih menitikberatkan pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui semua sektor.

“Perencanaan dan penyusunan program harus didasarkan pada norma dan kaidah yang taat hukum, transparan, akuntabel, proporsional serta berpedoman pada prinsip pelaksanaan yang efektif dan efisien,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam nota pengantar Ranperda APBD TA 2020 yang disampaikan oleh Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, PAD sebesar Rp 70.130.037.834 dan mengalami kenaikan sebesar 5,92 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara, dana perimbangan yang dianggarkan sebesar Rp 764.886.262.000 mengalami peningkatan sebesar Rp 30.953.860.224 atau naik sebesar 4.42 persen. (and)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *