Pembangunan Infrastruktur Dongkrak Perekonomian Warga Tapteng

  • Whatsapp
Foto: Dok-Istimewa.

SmartNews, Tapteng – Puluhan tahun tidak tersentuh, akhirnya pembangunan peningkatan jalan simpang III–Sigodung dengan aspal hotmix menghubungkan Desa Simpang III/Lae Bingke, Kelurahan Bajamas, Desa Mas Nauli, Desa Muara Ore, menuju Desa Sigodung Kecamatan Sirandorung, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dikerjakan di kepemimpinan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul.

Dalam keterangan tertulis diterima SmartNews, peningkatan ruas jalan simpang III-Sigodung dengan aspal hotmix sepanjang 8.750 m x 4,5 m. Dibangun dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dan perubahan APBD (P-APBD) Tapteng Tahun Anggaran (TA) 2019, yaitu melalui DAK TA 2019 sepanjang 6.200 m x 4,5 m dengan biaya Rp. 11.923.010.000 dan melalui P-APBD TA 2019 sepanjang 2.550 m x 4,5 m dengan pagu dana Rp. 5.665.000.000.

Bacaan Lainnya

Terlaksananya peningkatan jalan tersebut, masyarakat kecamatan Sirandorung, khususnya Kelurahan Bajamas mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tapteng dan Wakilnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Bapak Darwin Sitompul yang telah membangun jalan kami dengan aspal hotmix. Pembangunan jalan ini udah lama kami tunggu-tunggu. Dengan terbangunnya jalan ini, kita tidak malas dan semakin bersemangat menjual hasil bumi. Sekarang udah mulai lancar, tidak ada kendala lagi karena jalan rusak,” kata Sumartini (57) didampingi warga Desa SP-2 Kelurahan Bajamas, kemarin.

Senada disampaikan Lurah Bajamas Rasman Marbun (44). “Ruas jalan ini bagi Kelurahan Bajamas adalah jalan akses yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jalan ini 30 tahun tidak pernah tersentuh pembangunan. Sekarang sudah dibangun Jalan Hotmix dimasa kepemimpinan Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul. Jalan ini dibangun dengan baik, kami berterima kasih,” ungkapnya.

“Seluruh warga sangat bahagia dengan terbangunnya jalan ini karena lebih mudah mengirim segala hasil bumi yang berada di Kelurahan Bajamas ini dan desa sekitarnya. Kami juga berharap mudah-mudahan Bupati dan Wakil Bupati diberikan Tuhan kesehatan dan dapat melanjutkan pembangunan, khususnya di Kecamatan Sirandorung dan umumnya di Kabupaten Tapanuli Tengah yang kita cintai ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan potensi daerah di Kelurahan Bajamas meliputi karet, kelapa sawit, industri rumah tangga (home industry) berupa tahu, tempe, kerupuk, gula merah yang dipasarkan sampai ke Kota Medan.

“Dengan kondisi jalan yang baik dengan aspal hotmix, maka kami semakin yakin kondisi ekonomi masyarakat semakin meningkat dan sejahtera,” pungkasnya.

Terpisah, Plt Camat Sirandorung Tunggul Silalahi juga mengucapkan terima kasih atas pembangunan jalan itu.

“Pada kesempatan ini, kami juga meminta kepada Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati agar dilanjutkan pembangunan jalan tersebut ada di ruas lainnya juga sehingga perekonomian masyarakat semakin meningkat dan sejahtera,” pintanya.

Sebelumnya pada Kamis (23/05/2019), masyarakat gelar aksi spontanitas dengan cara membentangkan spanduk bertuliskan ucapan terima kasih kepada Bupati Tapanuli Tengah sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih atas dibangunnya jalan Hotmix di Kelurahan Bajamas, Desa Muara Ore, dan Desa Masnauli Kecamatan Sirandorung.

Aksi tersebut dilakukan masyarakat setempat disela kunjungan Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Ketua Tim Penggerak PKK Tapteng Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani ke Desa Masnauli Kecamatan Sirandorung.

Pada saat ini, peningkatan jalan itu diwujudkan dengan aspal hotmix untuk mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *