SKD CPNS Tapteng Formasi 2019 Dimulai Hari Ini, Pesertanya 7.502 Orang

  • Whatsapp
Foto: Peserta SKD CPNS Formasi Tahun 2019 Pemkab Tapteng. (Foto: Kominfo)

SmartNews, Pandan – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Formasi Tahun 2019 dimulai hari ini, Rabu (12/2/2020).

SKD CPNS ini dilaksanakan di Kompleks SMAN 1 Matauli Pandan, tepatnya di Ruang Ujian Berbasis Komputer (Computer Base Test/CBT), Jalan Ki Hajar Dewantara No. 1 Pandan, Tapteng.

Bacaan Lainnya

Mewakili Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Aris Sutrisno membuka secara resmi pelaksanaan SKD CPNS ini.

Turut mendampingi, Waka Polres Tapteng, Kompol Rokhmad SH, MH, Kepala BKD, Yetty Sembiring, S.STP, MM, Inspektur Inspektorat, Mangihut Simanullang, SE, Kepala Bappeda, Basyri Nasution, SP, Kepala Bagian Hukum dan Orta Ismet, SH, dan Kordinator Lapangan SKD CPNS di Lingkungan Pemkab Tapteng, Ida Widayani dari Kantor Regional VI BKN Medan.

“Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi saudara, dan itu patut kita syukuri, dimana dari 8.342 orang yang melakukan Submit pada pendaftaran online melalui SSCASN, 7.502 orang lolos seleksi administrasi, berhak mengikuti SKD untuk memperebutkan 249 formasi yang ada di lingkungan Pemkab Tapteng,” kata Bupati Tapteng dalam sambutannya dibacakan Asisten Aris Sutrisno.

Asisten Aris Sutrisno Membacakan Sambutan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani pada Pembukan SKD CPNS Formasi Tahun 2019 Pemkab Tapteng.

“SKD merupakan tahapan seleksi yang kedua setelah seleksi adminstrasi. Jika saudara lolos memenuhi nilai ambang batas dalam SKD ini kemudian akan dilanjutkan ke tahapan berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang tata caranya akan kita lakukan kemudian, sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” paparnya.

Dijelaskan juga bahwa pengadaan CPNS formasi tahun 2019 di Lingkungan Pemkab Tapteng ini dilaksanakan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN dan diselenggarakan berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dengan mengedepankan prinsip transparansi, tidak dipungut biaya apapun, dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme.

“Oleh karena itu, saya menghimbau agar peserta seleksi dan seluruh masyarakat tidak percaya terhadap oknum-oknum tertentu, baik yang mengatasnamakan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah maupun pihak lain yang menjanjikan untuk dapat meloloskan menjadi CPNS dengan imbalan tertentu. Percayalah saudara-saudara sekalian bahwa kelulusan anda adalah hasil kerja keras dan jerih payah anda sendiri. Ingat bahwa keberhasilan anda ada di tangan anda sendiri bukan di tangan orang lain,” tegasnya.

Selanjutnya, Kepala BKD Tapteng, Yetty Sembiring, mengatakan, pelaksanaan kegiatan seleksi penerimaan CPNS terdiri dari 3 tahapan, yaitu seleksi adminstrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

“Pada tahapan saat ini adalah pelaksanaan SKD,berlangsung selama delapan hari, dimulai hari ini hingga Rabu 19 Februari 2020. Adapun pelaksanan ujian berlangsung selama 38 sesi, setiap hari nantinya di bagi dalam 5 sesi, kecuali untuk hari pertama dan hari Jumat berlangsung 4 sesi,” jelas Yetty.

Pelaksanaan kegiatan seleksi penerimaan CPNS ini bertempat di Ruangan CBT SMA Negeri 1 Matauli Pandan dan dilaksanakan di 2 ruangan, yaitu ruangan ujian 1 terdiri atas 146 orang peserta ujian dan ruangan ujian 2 terdiri atas 54 orang peserta ujian.

“Tujuan seleksi penerimaan CPNS ini untuk menghasilkan sumber daya manusia aparatur yang lebih berkualitas, karena pelaksanaan seleksi dilaksanakan secara transparan, obyektif, akuntabel, serta bebas KKN. Peserta kegiatan adalah pelamar dari formasi umum dan khusus,” terangnya.

Foto: Kepala BKD Tapteng Yetty Sembiring saat Pembukaan SKD CPNS Formasi Tahun 2019 Pemkab Tapteng.

“Formasi khusus terdiri atas pelamar Cumlaude sebanyak 19 orang dan pelamar penyandang disabilitas 6 orang. Jumlah pelamar yang lulus seleksi admistrasi sebanyak 7.502 orang, dengan rincian pelamar terdiri atas tenaga kesehatan berjumlah 1.886 orang, pelamar tenaga teknis umum berjumlah 991 orang, dan tenaga pendidikan berjumlah 4.625 orang,” urainya.

Lanjutnya, pelamar yang mengikuti SKD sebanyak 7.500 orang, sedangkan 2 orang lagi memutuskan untuk tidak mengikuti SKD CPNS ini.

“Hasil SKD dapat langsung dilihat di papan pengumuman yang kita sediakan di lokasi ujian,” Yetty menambahkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *