6 Hektar Lahan Terbakar di Kecamatan Tapian Nauli

  • Whatsapp
Foto: Petugas Gabungan saat Berjibaku Melakukan Pemadaman di Lahan yang Terbakar. Foto: Dok-Istimewa

SmartNews, Tapanuli Tengah – Kebakaran lahan terjadi di 4 titik di Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah, Sabtu (22/2/2020).

Camat Tapian Nauli, Rinaldy Siregar menjelaskan 4 titik kebakaran lahan tersebut adalah lahan milik Nazir Simatupang (57 tahun) berada sekitar 1,5 km dari perkampungan Dusun III Pandan Laut, Desa Tapian Nauli I.

Bacaan Lainnya

“Di sana, luas lahan yang terbakar sekitar 2 hektar,” kata Rinadly, Minggu (23/2/2020).

Berdasarkan informasi yang ia peroleh dari Kepala Dusun III Desa Tapian Nauli I, Anwar Gulo, kebakaran lahan itu telah terjadi sejak Jumat (21/2/2020) sekitar pukul 18.00 WIB. “Kemarin malam api telah berhasil dipadamkan,” katanya.

Kemudian, lanjut Rinaldy, lahan kedua yang terbakar berada sekitar 300 meter dari perkampungan Dusun III Pandan Laut, Desa Tapian Nauli.

“Di sana, luas lahan yang terbakar sekitar 1 hektar, dan api telah padam kemarin,” ungkapnya.

Selanjutnya, lokasi lahan ketiga yang terbakar merupakan lahan kosong milik masyarakat, berada di sekitar jalan menuju PLTU Labuan Angin, Desa Tapian Nauli I.

“Di sana, luas lahan yang terbakar sekitar 1 hektar, dan api telah dipadamkan kemarin malam,” jelasnya.
Untuk lahan ke empat yang terbakar terjadi di lahan milik masyarakat di Dusun III Pandan Laut, Desa Tapian Nauli I.

“Di sana, lahan yang terbakar sekitar 2 hektar. Api masih hidup namun telah mangecil dan sedang diupayakan pemadamannya,” bebernya.

“Jadi, ada sekitar 6 hektar lahan yang terbakar kemarin. Kami dari pihak kecamatan bersama Waka Polres Tapteng Kompol H. Rohmad, bersama personil Polres Tapteng, Kapolsek Kolang Iptu M. Tahir, beserta anggota Polsek 50 orang, Danramil 05/Kolang Kapten Inf Legiman dan jajaran, Kadus III Anwar Gulo dan perangkat desa beserta warga turut membantu upaya pemadaman api akibat kebakaran lahan itu,” paparnya.

Dia menjelaskan 1 unit Damkar Tapteng, 1 unit mobil tanki penyedia air berikut personil, serta 1 unit mobil Damkar milik PT. Mujur Timber turut diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

“Kami beserta pihak Polres Tapteng dan Polsek Kolang keluar dari lokasi sekitar pukul 22.00 WIB kemarin dan hingga saat ini tetap dilakukan pemantauan dan upaya pemadaman total kebakaran lahan tersebut,” tambahnya.

Katanya lagi, pihak kepolisian sedang menyelidiki penyebab kebakaran lahan tersebut.

“Kejadian kebakaran ini juga sudah kami laporkan kepada Bupati Tapteng,” Rinadly menambahkan.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapteng, Safaruddin Ananda Nasution, mengatakan saat ini pihaknya berada di lokasi untuk bersama-sama memadamkan api yang masih menyala.

“Bupati Tapteng telah menginstruksikan kami untuk segera koordinasi dengan Camat Tapian Nauli, TNI-Polri, dan instansi terkait, bersama-sama memadamkan titik api yang masih ada agar tidak semakin luas kebakaran lahan ini. angin begitu kencang,” ungkapnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *