Salut! Babinsa Serka Rahim Panggabean Jadi Guru di Pulau Mursala

  • Whatsapp
Foto: Babinsa Koramil 05/Kolang-Kodim 0211/Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Serka M Rahim Panggabean. (Foto: Screenshot)

SmartNews, Tapanuli – Babinsa Koramil 05/Kolang-Kodim 0211/Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Serka M Rahim Panggabean sangat patut diacungi jempol.

Pasalnya, dia tidak semata-mata fokus menjalankan tugasnya sebagai prajurit TNI, namun dia juga memutuskan untuk menjadi seorang guru di wilayah tugasnya di Pulau Mursala, Kab.Tapanuli Tengah.

Bacaan Lainnya

Menurut Serka Rahim Panggabean, sikap keterpanggilannya menjadi seorang tenaga pengajar di pulau itu dilatarbelakangi keprihatinannya terhadap anak-anak di pulau itu terkait pendidikan.

“Hal ini merupakan tanggungjawab saya sebagai Babinsa. Saya harus selalu siap membantu masyarakat di sekeliling tempat saya bertugas,” kata Serka Rahim Panggabean, mengutip keterangannya melalui video di Channel YouTube N2STV, Sabtu (14/3/2020).

“Semenjak saya ditugaskan di Pulau Mursala Kabupaten Tapanuli Tengah, saya sangat prihatin melihat kondisi anak-anak yang di sini,” sambung Serka Rahim.

Dia mengatakan, masih banyak anak-anak di pulau itu belum pintar menulis dan membaca.

“Jangankan untuk baca tulis, belajar berbahasa nasional saja, bahasa Indonesia, mereka tidak mampu,” ungkapnya.

“Dari sejak itu, saya berpikir untuk berbuat membantu kesulitan rakyat di tempat saya bertugas, karena di pulau ini masyarakatnya ekonominya sangat-sangat minim tidak mampu menyekolahkan anaknya ke luar pulau,” katanya.

Katanya, bahwa di Pulau Mursala sempat ada sekolah dasar (SD) “Dan itu (SD) sudah lama tidak difungsikan. Dan beberapa waktu lalu, itu (SD) sudah ambruk,” sebutnya.

Menurutnya, ada atau tidak ada perintah khusus dari pimpinannya, namun tindakan yang ia lakukan merupakan jati diri TNI.

“Saya berasal dari rakyat, dan suatu saat saya akan kembali jadi rakyat biasa. Maka dari itu saya harus mengabdi kepada rakyat,” ungkapnya lagi.

Masih mengutip video di Channel YouTube N2STV, salah seorang Tokoh Masyarakat Dusun VII, Desa Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli (Pulau Mursala), Tapteng, Deseryanus mengatakan, kehadiran Babinsa Serka Rahim Panggabean sangat mereka apresiasi.

Dia juga minta pemerintah agar memperhatikan warga yang bermukim di Pulau Mursala. “Beberapa puluhan tahun yang lalu memang pernah berdiri di sini sekolah, namun berbagai macam rintangan dan halangan putus di tengah jalan. Jadi, barulah Pak Rahim Panggabean bertugas di sini, dia membangkitkan kembali pendidikan di sini,” ungkapnya.

“Kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Babinsa (Serka rahim Panggabean), karna kami selaku orangtua sangat merasakan manfaat yang dilakukan Pak Babinsa di sini,” sambungnya.

Dia menambahkan, sang Babinsa yang sudah beberapa bulan menjadi tenaga pengajar di pulau tersebut, anak-anak mereka kini sudah mulai mengetahui menulis dan membaca.

Tonton videonya di sini Babinsa Serka Rahim Panggabean Jadi Guru untuk Anak-anak di Pulau Mursala

Sementara itu, tempat proses belajar mengajar memanfaatkan rumah ibadah yang ada di Pulau Mursala itu.

Pulau Mursala merupakan salah satu pulau di Kabupaten Tapanuli Tengah, berjarak sekitar 22,5 Km dari Kota Pandan. Untuk sampai ke pulau ini, Anda harus menggunakan kapal atau speedboat. Pulau Mursala ini merupakan salah satu objek wisata di Tapteng. Airnya langsung terjun ke laut. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *